Pengembangan E-Modul Keterampilan Mengapresiasi Buku Fiksi dan Nonfiksi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Saftiah, Tridanova (2023) Pengembangan E-Modul Keterampilan Mengapresiasi Buku Fiksi dan Nonfiksi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8214021002 COVER.pdf] Text
1. NIM 8214021002 COVER.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 2. NIM 8214021002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 8214021002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 3. NIM 8214021002 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM 8214021002 ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4. NIM 8214021002 PREPACE.pdf] Text
4. NIM 8214021002 PREPACE.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5. NIM 8214021002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 8214021002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 6. NIM 8214021002 TABLE.pdf] Text
6. NIM 8214021002 TABLE.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 7. NIM 8214021002 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 8214021002 ILLUSTRATION.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 8. NIM 8214021002 APPENDICEES.pdf] Text
8. NIM 8214021002 APPENDICEES.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 9. NIM 8214021002 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 8214021002 CHAPTER I.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 13. NIM 8214021002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 8214021002 CHAPTER V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 14. NIM 8214021002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 8214021002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari bahan ajar yang digunakan masih sangat terbatas sehingga berdampak pada keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi. Terkait dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul dan menguji keefektifan e-modul keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan objek penelitian ini adalah e-modul keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara dan tes. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret s.d. Desember 2022 dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dihasilkan sangat layak digunakan pada siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang ditunjukkan oleh hasil validasi materi 89,73% dan validasi media 93%. Hal itu didukung oleh respons siswa berada pada kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas atas e-modul yang dikembangkan adalah 1,569 (efektivitas > 1). Artinya, pembelajaran dengan menggunakan e-modul lebih efektif daripada pembelajaran tanpa e-modul. Sementara itu, nilai signifikasi hitung lebih kecil yaitu 0,0017 daripada nilai α, maka Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian, e-modul keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi dapat meningkatkan kemampuan literasi berdasarkan ketuntasan kelas nilai KKM, yaitu 70 dan presentase rata-rata pada postes menunjukkan angka 78,73%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Saf p
Keywords: E-Modul, Buku Fiksi dan Nonfiksi, Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:29
Last Modified: 15 Jul 2024 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58723

Actions (login required)

View Item
View Item