Saftiah, Tridanova (2023) Pengembangan E-Modul Keterampilan Mengapresiasi Buku Fiksi dan Nonfiksi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214021002 COVER.pdf
Download (74kB)
2. NIM 8214021002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (255kB)
3. NIM 8214021002 ABSTRAK.pdf
Download (168kB)
4. NIM 8214021002 PREPACE.pdf
Download (64kB)
5. NIM 8214021002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (120kB)
6. NIM 8214021002 TABLE.pdf
Download (61kB)
7. NIM 8214021002 ILLUSTRATION.pdf
Download (90kB)
8. NIM 8214021002 APPENDICEES.pdf
Download (90kB)
9. NIM 8214021002 CHAPTER I.pdf
Download (453kB)
13. NIM 8214021002 CHAPTER V.pdf
Download (90kB)
14. NIM 8214021002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini bertolak dari bahan ajar yang digunakan masih sangat terbatas sehingga berdampak pada keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi. Terkait dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul dan menguji keefektifan e-modul keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan objek penelitian ini adalah e-modul keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara dan tes. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret s.d. Desember 2022 dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dihasilkan sangat layak digunakan pada siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang ditunjukkan oleh hasil validasi materi 89,73% dan validasi media 93%. Hal itu didukung oleh respons siswa berada pada kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas atas e-modul yang dikembangkan adalah 1,569 (efektivitas > 1). Artinya, pembelajaran dengan menggunakan e-modul lebih efektif daripada pembelajaran tanpa e-modul. Sementara itu, nilai signifikasi hitung lebih kecil yaitu 0,0017 daripada nilai α, maka Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian, e-modul keterampilan mengapresiasi buku fiksi dan nonfiksi dapat meningkatkan kemampuan literasi berdasarkan ketuntasan kelas nilai KKM, yaitu 70 dan presentase rata-rata pada postes menunjukkan angka 78,73%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Saf p |
Keywords: | E-Modul, Buku Fiksi dan Nonfiksi, Literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58723 |