PENGEMBANGAN APE BOWLING UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NASRANI-2 MEDAN

BR Simatupang, Gabriella Uli Tiovani (2023) PENGEMBANGAN APE BOWLING UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NASRANI-2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193313013_Cover.pdf] Text
1193313013_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1193313013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193313013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (972kB)
[thumbnail of 1193313013_Abstrak.pdf] Text
1193313013_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193313013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193313013_Kata_Pengantar.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 1193313013_Daftar_Isi.pdf] Text
1193313013_Daftar_Isi.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 1193313013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193313013_Daftar_Gambar.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1193313013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193313013_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1193313013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193313013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193313013_BAB_I.pdf] Text
1193313013_BAB_I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 1193313013_BAB_V.pdf] Text
1193313013_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1193313013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193313013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah belum terealisasikannya alat permainan edukatif bowling yang digunakan untuk menstimulus kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Tingkat validitas APE Bowling untuk menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Nasrani 2 Medan? 2) Bagaimanakah Tingkat praktikalitas APE Bowling untuk menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Nasrani 2 Medan? . Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode, angket (kuesioner). Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa penilaian validator ahli materi mendapatkan nilai sebesar 93% sehingga penilaian yang dicapai ahli materi dapat dikatakan “sangat valid” sedangkan rata-rata penilaian validator ahli media mendapat nilai sebesar 80%, Sehingga penilaian ahli media dapat dikatakan “layak”. dan penilaian dari praktisi pendidikan yaitu 98% dapat dikatakan “sangat praktis” Maka dengan menggunakan alat permainan edukatif bowling yang telah dikembangkan ini dapat menstimulus pengenalan lambang bilangan 1-10 anak usia 4-5 tahun sehingga kemampuan dalam mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Nasrani-2 Medan yang berjumlah 12 orang yg dimana 5 anak laki- laki dan 7 anak perempuan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: lambang bilangan,;bowling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:31
Last Modified: 08 Jul 2024 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58691

Actions (login required)

View Item
View Item