Tondang, johana Rirista (2023) Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Focus Group Discussion Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII-3 Di SMP Negeri 2 Sumbul Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193351020_Cover.pdf
Download (216kB)
1193351020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (630kB)
1193351020_Abstrak.pdf
Download (473kB)
1193351020_Kata_Pengantar.pdf
Download (585kB)
1193351020_Daftar_Isi.pdf
Download (280kB)
1193351020_Daftar_Tabel.pdf
Download (185kB)
1193351020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (187kB)
1193351020_BAB_I.pdf
Download (432kB)
1193351020_BAB_V.pdf
Download (291kB)
1193351020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (311kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik focus group discussion terhadap kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 2 Sumbul tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental). Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group design pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-3 yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Data penelitian dikumpulkan melalui skala komunikasi interpersonal yang berjumlah 31 item pernyataan yang sudah valid dan reliabel, reliabilitas instrumen tersebut adalah 0,8299. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok sebanyak 5 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Wilcoxon dengan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum (pre-test) dilakukan konseling kelompok teknik focus group discussion skor rata-rata komunikasi interpersonal sebesar 56,75 dan setelah (post-test) diberikan layanan konseling kelompok teknik focus group discussion, maka rata-rata komunikasi interpersonal yang diperoleh adalah 96,7. Maka dari itu terjadilah peningkatan komunikasi interpersonal siswa sebesar 41,4%. Dengan mengetahui uji Wilcoxon dengan nilai peringkat terkecil yaitu 18. Sehinga J(hitung)= 18, α= 0,05, dan n=8, maka diperoleh J(tabel)= 4. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa J(hitung) > J(tabel) dimana 18 > 4. Maka dapat dikatakan “Ada pengaruh konseling kelompok teknik focus group discussion terhadap kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 2 Sumbul” dengan demikian hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik Focus Group Discussion; Komunikasi Interpersonal. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:41 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58672 |