Berutu, Indah Rahmayanti (2023) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Kognitif Terhadap Agresivitas Siswa Yang Mengalami Kekerasan Verbal Di Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191151014_Cover.pdf
Download (76kB)
1191151014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (748kB)
1191151014_Abstrak.pdf
Download (137kB)
1191151014_Kata_Pengantar.pdf
Download (80kB)
1191151014_Daftar_Isi.pdf
Download (36kB)
1191151014_Daftar_Gambar.pdf
Download (27kB)
1191151014_Daftar_Tabel.pdf
Download (31kB)
1191151014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1191151014_BAB_I.pdf
Download (112kB)
1191151014_BAB_V.pdf
Download (117kB)
1191151014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (14kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Kognitif Terhadap Agresivitas Siswa Yang Mengalami Kekerasan Verbal Di Kelas VIII SMP Negeri 35 MedanT.A 2022/2023. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian Quasi Eksperimen (eskperimen semu) dengan menggunakan desain one group yaitu pre-test dan post-test group desain. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner (angket). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa yang memiliki agresivitas karena mengalami kekerasan verbal. Subjek diambil dengan menggunakan teknik purposive (sampel bertujuan) dengan karakteristik siswa yang memiliki agresivitas karena mengalami kekerasan verbal yang tinggi dari hasil analisis angket.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket agresivitas karena mengalami kekerasan verbal berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data analisis menggunakan Uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 13 dengan α = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa �ℎ����� >������ dimana 13 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test diperoleh rata-rata 112,625, sedangkan data post-test setelah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan kognitif diperoleh rata-rata sebesar 57,375, maka selisih pre-tets dan post-tetst sebesar 55,25 dan perubahan intercal agresivitas karena mengalami kekerasan verbal pada siswa setelah diberi layanan konseling kelompok pendekatan kognitif sebesar 49,05%. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki agresivitas karena mengalami kekerasan verbal setelah mendapat layanan konseling kelompok pendekatan kognitif. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan kognitif terhadap agresivitas siswa yang mengalami kekerasan verbal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Kognitif; Agresif Karena Mengalami Kekerasan Verbal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological tests and testing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 09:05 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58669 |