Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Selama Pasca Pandemi Di SMA Negeri 10 Medan,

Panjaitan, Ilham Firmansyah (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Selama Pasca Pandemi Di SMA Negeri 10 Medan,. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1183151032_Cover.pdf] Text
1183151032_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1183151032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183151032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1183151032_Abstrak.pdf] Text
1183151032_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1183151032_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183151032_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1183151032_Daftar_Isi.pdf] Text
1183151032_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1183151032_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183151032_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1183151032_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183151032_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1183151032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183151032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1183151032_BAB_I.pdf] Text
1183151032_BAB_I.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1183151032_BAB_V.pdf] Text
1183151032_BAB_V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1183151032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183151032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa selama pasca pandemi di SMAN 10 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa selama pasca pandemi di SMAN 10 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jenis penelitian ini adalah korelasional untuk mengetahui hubungan dua variable. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Februari s/d April 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Semester 2 sebanyak 51 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa. Besarnya pengaruh
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui melalui hasil uji t yang sudah dibuat antara variabel x dan variabel y dimana hasil uji t signifikan dengan nilai t hitung > t tabel yakni 0,883 < t tabel 1,675 dan 0,82 > 0,05. Selain itu, untuk melihat seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa, dapat diketahui melalui perhitungan determinasi
yang telah dilakukan yakni 1,6% dengan sisanya 98,4% yang disebabkan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Adapun rata-rata skor indikator kecerdasan emosional yaitu 122,95 yang dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological tests and testing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:45
Last Modified: 02 Jul 2024 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58668

Actions (login required)

View Item
View Item