Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meminimalisir siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sosa Tahun Ajaran 2022/2023

Annur, Fitri (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meminimalisir siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sosa Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193351049_Cover.pdf] Text
1193351049_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1193351049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 1193351049_Abstrak.pdf] Text
1193351049_Abstrak.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1193351049_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351049_Kata_Pengantar.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 1193351049_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351049_Daftar_Isi.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 1193351049_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351049_Daftar_Gambar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1193351049_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351049_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1193351049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1193351049_BAB_I.pdf] Text
1193351049_BAB_I.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 1193351049_BAB_V.pdf] Text
1193351049_BAB_V.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meminimalisir perilaku agresif siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sosa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Subjek penelitian dikumpulkan siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 10 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skla valid dan reliabel. Skala diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Data skor rata-rata pre-test 121,2 dan skor rata-rata post-test 66 maka selisih skor rata-rata 55 artinya rata-rata perilaku agresif siswa lebih tinggi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving maka perilaku agresif siswa menjadi menurun 46%. Data analisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 30 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 6. Jadi, nilai J = 23 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon dengan n = 10, � = 0, 05, maka diperoleh J dimana 23 > 8. Artinya bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meminimalisir perilaku agresif siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sosa Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Problem Solving; Perilaku Agresif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180 Experimental psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:16
Last Modified: 02 Jul 2024 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58667

Actions (login required)

View Item
View Item