Hasibuan, Fahri Ramadan (2023) Mengembangkan Media Layanan Orientasi Berbasis Website di SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193351069_Cover.pdf
Download (47kB)
1193351069_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (319kB)
1193351069_Abstrak.pdf
Download (148kB)
1193351069_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
1193351069_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
1193351069_Daftar_Gambar.pdf
Download (114kB)
1193351069_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
1193351069_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
1193351069_BAB_I.pdf
Download (356kB)
1193351069_BAB_V.pdf
Download (93kB)
1193351069_Daftar_Pustaka.pdf
Download (250kB)
Abstract
Teknologi di dalam layanan bimbingan dan konseling sangat diperlukan agar dapat membantu keberhasilan dari konseling itu sendiri. Selain dapat membantu serta mempermudah konselor di dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling, teknologi juga dapat memberikan variasi layanan sehingga membuat siswa bersemangat untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website dalam layanan orientasi di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan
pengembangan atau research and development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Wawancara dilakukan kepada guru bimbingan konseling, PKS Kesiswaan, PKS Kurikulum dan ketua OSIS. Angket diberikan kepada ahli media, ahli materi dan peserta
didik. Subjek uji coba terbatas dilakukan kepada siswa/I kelas X IPA 1 sebanyak 32 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi sebesar 3,77, validasi ahli media sebesar 3,73, dan respon peserta didik sebesar 3,50. Hasil penilaian kelayakan media layanan orientasi oleh ahli materi, ahli media dan peserta didik diperoleh rerata keseluruhan sebesar 3,69 yang masuk dalam
kategori sangat baik. Hasil penelitian ini berupa media website yang berisi materi layanan orientasi. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan materi layanan orientasi dengan materi yang lebih luas dan lebih
baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Orientasi; Website |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 04:07 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58664 |