Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dengan mengimplementasikan Konseling Kelompok Teknik Asertif Pada Siswa Kelas VIII-2 Di Perguruan Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2022/2023

Pitaloka, Diah Lola (2023) Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dengan mengimplementasikan Konseling Kelompok Teknik Asertif Pada Siswa Kelas VIII-2 Di Perguruan Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193351010_Cover.pdf] Text
1193351010_Cover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1193351010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1193351010_Abstrak.pdf] Text
1193351010_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1193351010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351010_Kata_Pengantar.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 1193351010_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351010_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1193351010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351010_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193351010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351010_Daftar_Tabel.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193351010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193351010_BAB_I.pdf] Text
1193351010_BAB_I.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 1193351010_BAB_V.pdf] Text
1193351010_BAB_V.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkat kepercayaan diri siswa dengan mengimplementasikan konseling kelompok teknik asertif pada siswa kelas VIII-2 di Perguruan Dwi Tunggal Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subjek
dalam penelitian ini ada 10 orang siswa kelas VIII-2 yang memiliki kepercayaan diri tinggi, sedang, rendah sehingga terjadinya dinamika kelompok didalamnya. Pelaksanaan penelitian dengan 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan di suklus I dan 2 pertemuan di siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kepercayaan diri siswa melalui konseling kelompok teknik asertif, hal ini terlihat dari perolehan hasil skor rasa percaya diri siswa kelas VIII-2 mengalami peningkatan dari 50% pada tes pasca tindakan siklus I menuju 80% pada tes pasca tindakan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik asertif dapat meningkatkan
keparcayaan diri siswa kelas VIII-2 di Perguruan Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok; Teknik Asertif; Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:41
Last Modified: 02 Jul 2024 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58655

Actions (login required)

View Item
View Item