Sitanggang, Mariani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8206172005_Cover.pdf
Download (67kB)
8206172005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8206172005_Abstrak.pdf
Download (262kB)
8206172005_Kata_Pengantar.pdf
Download (314kB)
8206172005_Daftar_Isi.pdf
Download (378kB)
8206172005_Daftar_Tabel.pdf
Download (275kB)
8206172005_Daftar_Gambar.pdf
Download (274kB)
8206172005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (184kB)
8206172005_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8206172005_BAB_V.pdf
Download (245kB)
8206172005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (741kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model Problem Based Learning yang valid, (2) praktis, dan (3) efektif. Penelitian, (4) menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan model Problem Based Learning, (5) menganalisis peningkatan kemampuan self-regulated learning siswa, dan (6) menganalisis proses jawaban yang digunakan oleh siswa. siswa untuk menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis. Model 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (Define, Design, Develop, Disseminate) digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar. Media pembelajaran interaktif berupa RPP, LKS, penilaian komunikasi matematis, dan angket self-regulated learning merupakan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran interaktif yang dikembangkan melalui model Problem Based Learning valid pada uji coba II, (2) diperoleh praktik pada uji coba II, dan (3) efektif pada uji coba II. Pada uji coba II, media pembelajaran interaktif melalui model Problem Based Learning meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Peningkatan diri siswa—pembelajaran yang dikontrol media. Pada uji coba II pembelajaran interaktif dengan menggunakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan. (6) Siswa biasanya melakukan kesalahan konsep, operasi perhitungan dan prinsip ketika menjawab tes kemampuan komunikasi matematis. Menurut penelitian, guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Sit p |
Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, model Problem Based Learning, self regulated learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 15:33 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 15:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58652 |