Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa

Sitanggang, Mariani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172005_Cover.pdf] Text
8206172005_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 8206172005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8206172005_Abstrak.pdf] Text
8206172005_Abstrak.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 8206172005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172005_Kata_Pengantar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8206172005_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172005_Daftar_Isi.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 8206172005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172005_Daftar_Tabel.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 8206172005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172005_Daftar_Gambar.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 8206172005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 8206172005_BAB_I.pdf] Text
8206172005_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172005_BAB_V.pdf] Text
8206172005_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 8206172005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (741kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model Problem Based Learning yang valid, (2) praktis, dan (3) efektif. Penelitian, (4) menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan model Problem Based Learning, (5) menganalisis peningkatan kemampuan self-regulated learning siswa, dan (6) menganalisis proses jawaban yang digunakan oleh siswa. siswa untuk menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis. Model 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (Define, Design, Develop, Disseminate) digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar. Media pembelajaran interaktif berupa RPP, LKS, penilaian komunikasi matematis, dan angket self-regulated learning merupakan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran interaktif yang dikembangkan melalui model Problem Based Learning valid pada uji coba II, (2) diperoleh praktik pada uji coba II, dan (3) efektif pada uji coba II. Pada uji coba II, media pembelajaran interaktif melalui model Problem Based Learning meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Peningkatan diri siswa—pembelajaran yang dikontrol media. Pada uji coba II pembelajaran interaktif dengan menggunakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan. (6) Siswa biasanya melakukan kesalahan konsep, operasi perhitungan dan prinsip ketika menjawab tes kemampuan komunikasi matematis. Menurut penelitian, guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Sit p
Keywords: kemampuan komunikasi matematis, model Problem Based Learning, self regulated learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 15:33
Last Modified: 27 Jun 2024 15:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58652

Actions (login required)

View Item
View Item