Adlina, Almas (2023) Pengaruh Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8206172013_Cover.pdf
Download (50kB)
8206172013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (396kB)
8206172013_Abstrak.pdf
Download (81kB)
8206172013_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
8206172013_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
8206172013_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
8206172013_Daftar_Gambar.pdf
Download (51kB)
8206172013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (51kB)
8206172013_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8206172013_BAB_V.pdf
Download (112kB)
8206172013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (497kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara simultan, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah tingkat menengah pertama yaitu SMPS Bina Taruna Medan, SMPN 20 Medan, dan SMPN 33 Medan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 di tiga sekolah tersebut dengan total keseluruan sebanyak 90 siswa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan literasi, (2) teskemampuan berpikir kritis, (3) tes kemampuan komunikasi matematis, (4) tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitiaan menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara simultan, (2) Terdapat pengaruh kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara parsial, (3) Kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi matematis berpengaruh sebesar 85,7% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis secara simultan, sedangkan 14,3% ditentukan oleh variabel lainnya, (4) Kemampuan literasi matematis berpengaruh sebesar 63,9% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan berpikir kritis berpengaruh sebesar 79,1% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan komunikasi matematis berpengaruh sebesar 72,8% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Adl p |
Keywords: | Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 14:57 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 14:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58647 |