Yusuf, Muhammad (2024) Pengembangan Bahan Ajar Penyelarasan Berbasis Moodle Untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Swasta Bina Satria Medan. Masters thesis, UNIMED.
8206165002_Cover.pdf
Download (86kB)
8206165002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (328kB)
8206165002_Abstrak.pdf
Download (138kB)
8206165002_Kata_Pengantar.pdf
Download (150kB)
8206165002_Daftar_Isi.pdf
Download (410kB)
8206165002_Daftar_Tabel.pdf
Download (261kB)
8206165002_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
8206165002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (219kB)
8206165002_BAB_I.pdf
Download (720kB)
8206165002_BAB_V.pdf
Download (301kB)
8206165002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (289kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar penyelarasan yang dikembangkan menggunakan media moodle dan keefektivan bahan ajar yang dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Swasta Bina Satria Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Data dalam penelitian ini berupa data kelayakan bahan ajar yang sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangan, untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar penyelarasan berbasis Moodle layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran penyelarasan siswa kelas X OTKP SMK Swasta Bina Satria Medan. Pada hasil hasil postest terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 0,009 dengan kriteria rendah (g ≤ 0,3). Selanjutnya bahan ajar penyelarasan berbasis Moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran penyelarasan siswa kelas X OTKP SMK Swasta Bina Satria Medan. Hal tersebut berdasarkan uji t, besaran nilai thitung sebesar 2,724 sedangkan nilai ttabel sebesar 0,396 hal tersebut berarti bahwa nilai thitung > ttabel (2,724 > 0,396) sehingga bahan ajar dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 p |
Keywords: | Bahan Ajar Penyelarasan, Moodle, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 14:48 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 14:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58646 |