Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat T.A. 2022/2023

Pakpahan, Desnica Maria Tweny (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 104186 Tanjung Selamat T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411007_Cover.pdf] Text
1192411007_Cover.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1192411007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of 1192411007_Abstrak.pdf] Text
1192411007_Abstrak.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1192411007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411007_Kata_Pengantar.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 1192411007_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411007_Daftar_Isi.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1192411007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411007_Daftar_Gambar.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 1192411007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411007_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1192411007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1192411007_BAB_I.pdf] Text
1192411007_BAB_I.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of 1192411007_BAB_V.pdf] Text
1192411007_BAB_V.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 1192411007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa E-Modul menggunakan Aplikasi Sigil yang layak, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan, serta peserta didik kelas V-B SD Negeri 104186 Tanjung Selamat. Objek dalam penelitian ini adalah E-Modul menggunakan aplikasi Sigil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan E-modul yang dinilai oleh ahli materi mendapat persentase sebesar 86,67%, dan ahli media dengan persentase sebesar 93%. (2) kepraktisan E-modul yang dinilai oleh praktisi pendidikan mendapat persentase sebesar 94%. (3) keefektifan E-modul dinilai dari hasil test serta angket respon peserta didik. Hasil test mendapat persentase sebesar 83,40%, dan hasil angket respon peserta didik mendapat persentase sebesar 96,65%. Maka dapat disimpulkan bahwa E-modul menggunakan aplikasi Sigil yang dikembangkan dinyatakan layak, praktis, serta efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul; Aplikasi Sigil; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 24 Jun 2024 09:05
Last Modified: 24 Jun 2024 09:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58571

Actions (login required)

View Item
View Item