Simanullang, Calvin Raphael Agusti (2015) PEMBELAJARAN BERBASIS TINGKAT KECEPATAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DASAR DI KELAS XI TITL-2 SMK NEGERI 2 PAKKAT TAHUN AJARAN 2015/206. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113131011_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5113131011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
3. NIM. 5113131011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 5113131011_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 5113131011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 5113131011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5113131011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 5113131011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 5113131011_BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 5113131011_BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM. 5113131011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecepatan belajar siswa pada materi instalasi penerangan listrik dasar di kelas XI TITL SMK Negeri 2 Pakkat.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian teknik pemanfaatan tenaga listrik SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 59 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara random atau acak, sehingga sampel penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI TITL-2 yang terdiri dari 29 siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat perbedaan waktu setiap siswa dalam memahami modul dan mengerjakan lembaran kerja dalam modul, dalam setiap pertemuan. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Chi-Square Goodness of Fit satu sampel (x2). Uji hipotesis ini digunakan untuk mengetahui yang mana hipotesis dalam penelitian ini yang diterima atau ditolak.
H0 diterima apabila harga Chi Kuadrat ( x2hitung ) < Chi Kuadrat ( x2tabel ), sebaliknya H0 ditolak apabila harga Chi Kuadrat ( x2hitung ) > Chi Kuadrat ( x2tabel ), sekaligus menerima Ha.
Diperoleh x2hitung = 59,21 dengan mengambil taraf nyata α = 0,05 dan dk = 28, x2tabel = 16,9. Sehingga harga Chi Kuadrat ( x2hitung ) > Chi Kuadrat ( x2tabel ). Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis x2hitung > x2tabel terpenuhi dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul belajar siswa di SMKN 2 Pakkat membuktikan ada perbedaan tingkat kecepatan belajar antara siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan modul belajar siswa ini diperlukan, khususnya pada pembelajaran instalasi penerangan listrik dasar untuk mempermudah pencapaian tujuan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 013 |
Keywords: | Tingkat Keceparan Belajar; Instalasi Listrik; Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 03:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5854 |