Haryani, Rini (2024) Pengembangan Materi Ajar Teks Biografi Berbasis Nilai-nilai Kebangsaan Berbantuan Nearpo. Masters thesis, UNIMED.
8216191006_Cover.pdf
Download (236kB)
8216191006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (219kB)
8216191006_Abstrak.pdf
Download (180kB)
8216191006_Kata_Pengantar.pdf
Download (234kB)
8216191006_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
8216191006_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
8216191006_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
8216191006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (148kB)
8216191006_BAB_I.pdf
Download (786kB)
8216191006_BAB_V.pdf
Download (288kB)
8216191006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (286kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kondisi yaitu: sumber belajar,media pembelajaran, sarana prasarana, dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu,penelitian ini ditujukan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar teks biografi berbasis nilai-nilai kebangsaan berbantuan Nearpoduntuk siswa kelas X SMK Negeri 5 Langsa, (2) Mendeskripsikan kelayakan materi ajar teks biografi berbasis nilai-nilai kebangsaan berbantuan Nearpod untuk siswa kelas X SMK Negeri 5 Langsa, (3) Mendeskripsikan efektivitas materi aja teks biografi berbasis nilai-nilai kebangsaan berbantuan Nearpod untuk siswa kelas X SMK Negeri 5 Langsa yang dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4D dari Thiagarajan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) produk yang dikembangkan sangat relevansi dengan kebutuhan peserta didik. (2) Validasi materi mendapatkan nilai rata-rata 88% pada kriteria ‘sangat valid’, dan validasi ahli desain mendapatkan nilai rata-rata 94,16% pada kriteria ‘sangatvalid’. (3)Hasil pretest mendapatkan skor rata-rata sebesar 62,58 dengan kategori kurang dan post test mendapatkan skor rata-rata 83 dengan kategori ‘baik’. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan selisih 20,42. Penelitian ini memiliki implikasi pada sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran baik bagi guru maupun peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.027 Har p |
Keywords: | Materi Ajar TeksBiografi, Nilai-nilai Kebangsaan,Nearpod |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jun 2024 14:57 |
Last Modified: | 18 Jun 2024 14:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58539 |