Yani, Fitri (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Eksplanasi Berbantuan Powtoon untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Masters thesis, UNIMED.
8216192016_Cover.pdf
Download (400kB)
8216192016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8216192016_Abstrak.pdf
Download (423kB)
8216192016_Kata_Pengantar.pdf
Download (92kB)
8216192016_Daftar_Isi.pdf
Download (335kB)
8216192016_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
8216192016_Daftar_Gambar.pdf
Download (218kB)
8216192016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
8216192016_BAB_I.pdf
Download (840kB)
8216192016_BAB_V.pdf
Download (551kB)
8216192016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (480kB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick dan Carrey untuk mengetahui (1) proses pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbantuan powtoon, (2) bentuk pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbantuan powtoon, (3) kelayakan pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbasis powtoon, (4) keefektifan pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbantuan powtoon. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mengembangkan materi ajar dengan lima tahapan ADDIE, (2) bentuk produk berupa materi ajar teks eksplanasi berbantuan powtoon memiliki tampilan dan isi sesuai dengan prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan, (3) kelayakan bahan ajar teks eskplanasi dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Memperoleh skor rata-rata 90 sangat layak rata-rata 85 sangat layak . Uji coba siswa memperoleh skor rata-rata 80 layak materi ajar menulis teks eksplanasi berbasis powtoon menunjukkan peningkatan dari hasil pretes 60 menjadi hasil postes 90. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan bahan ajar teks eksplanasi dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) materi ajar yang dikembangkan memberikan sumbang praktis dalam pelaksanaan pembelajaran, (2) materi ajar yang dikembangkan dapat menambah ilmu pengetahuan pada guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna, (3) materi ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu materi ajar alternatif pendamping pada materi teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.027 Yan p |
Keywords: | Materi ajar, teks eksplanasi, berbantuan powtoon. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jun 2024 14:41 |
Last Modified: | 18 Jun 2024 14:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58537 |