Pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis literasi sains pada materi fotosintesis untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP

Zamilah (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis literasi sains pada materi fotosintesis untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216174010_Cover.pdf] Text
8216174010_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 8216174010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216174010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216174010_Abstrak.pdf] Text
8216174010_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 8216174010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216174010_Kata_Pengantar.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 8216174010_Daftar_Isi.pdf] Text
8216174010_Daftar_Isi.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 8216174010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216174010_Daftar_Tabel.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 8216174010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216174010_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8216174010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216174010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216174010_BAB_I.pdf] Text
8216174010_BAB_I.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 8216174010_BAB_V.pdf] Text
8216174010_BAB_V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 8216174010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216174010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (683kB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif berbasis Literasi sains dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1)menganalisa validitas, kepraktisan, dan efektifitas LKPD interaktif berbasis literasi sains pada materi fotosintesis untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa, (2) menganalisa hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi fotosintesis selama meggunakan LKPD interaktif berbasis literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (Analysis),perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 3 Lubuk Pakam yang berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi oleh validator, data hasil angket respon peserta didik,data hasil kemampuan berpikir kritis berdasarkan observasi oleh observer, serta data hasilpretesdanposttestHasil penelitian menunjukkan bahwa(1) LKPD interaktif yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 95,24% (aspek media) dan 85,81% (aspek materi),kepraktisan LKPD interaktif dengan rata-rata persentase sebesar 68,33%dikategorikan parktis, dan efektivitas LKPD interaktif menunjukkan persentase sebesar 63% yang dikategorikan efektif; (2) Hasilpretestdan posttest menunjukkan perbedaan signifikan dengan nilaiN-gainsebesar 0,6 mengindikasikan peningkatan kategori sedang dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini, LKPD interaktif berbasis literasi sains untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi fotosintesis yang dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 572.46 Zam p
Keywords: Fotosintesis, LKPD interaktif, Literasi sains, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jun 2024 14:11
Last Modified: 18 Jun 2024 14:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58534

Actions (login required)

View Item
View Item