Mardiana (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT 2007, LIVEWIRE, CAMTASIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS XI TITL SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113131025 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 5113131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (940kB) | Preview
3. NIM 5113131025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM 5113131025 PREPACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 5113131025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 5113131025 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 5113131025 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. NIM 5113131025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 5113131025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM 5113131025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 5113131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Medan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana. Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan pendidik kurang memanfaatkan media yang dapat menimbulkan daya imajinasi terhadap materi yang dipelajari. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi dan dapat memberikan umpan balik kepada siswa.
Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh Peneliti dan dilakukan validasi kepada ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 2.62 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layak” dan validasi terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 2.95 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layak”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian I memiliki rata-rata sebesar 2.92 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian II memiliki rata-rata sebesar 2.95 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan dan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana pada pokok bahasan Instalasi Penerangan menggunakan saklar tunggal, saklar seri, saklar tukar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 026 |
Keywords: | Multimedia Interaktif; Research And Development (R&D); ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 02:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5851 |