Sihombing, Daniel N.N (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI KELAS XI SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113131014 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 5113131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. NIM 5113131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM 5113131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 5113131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 5113131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM 5113131014 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5113131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
12. NIM 5113131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13. NIM 5113131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flashlebih efektif terhadap pembelajaran instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 5 Medan yang terdiri dari 5 siswa kelompok kecil dan 10 siswa kelompok besar. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik yang dikemas dalam bentuk cd interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation
Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 3,83 dan dinyatakan“baik/efektif”dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,63 dan dinyatakan“sangat baik/sangat efektif”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian tahap I memiliki rata-rata sebesar 4,39 dan dikategorikan “Sangat Baik/sangat efektif” dan pengujian tahapII memiliki rata-rata sebesar 4,47 dan dikategorikan “Sangat Baik/ sangat efektif”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan Sangat Efektif untuk dijadikan media pembelajaran materi Instalasi Tenaga Listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 007 |
Keywords: | Multimedia;Media Pembelajaran; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 02:30 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5848 |