Nalapraya, Putri (2023) Pengembangan Media Song with Animation Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Kelas IV SD Negeri 060851 Madong Lubis T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311065_Cover.pdf
Download (153kB)
1193311065_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (882kB)
1193311065_Abstrak.pdf
Download (180kB)
1193311065_Daftar_Isi.pdf
Download (308kB)
1193311065_Daftar_Tabel.pdf
Download (277kB)
1193311065_Daftar_Gambar.pdf
Download (250kB)
1193311065_Daftar_Lampiran.pdf
Download (249kB)
1193311065_BAB_I.pdf
Download (517kB)
1193311065_BAB_V.pdf
Download (162kB)
1193311065_Daftar_Pustaka.pdf
Download (343kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Song with Animation Berbasis
Lectora Inspire yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan
menyimak siswa di kelas IV SD Negeri 060851 Madong Lubis. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (Reserch and Development) dengan
menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini ialah 32 siswa SD Negeri
060851 Madong Lubis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu uji
kelayakan, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Teknik analisis data secara kualitatif
dan kuantitatif. Hasil Penelitian yang diperoleh pada pengembangan media song
with animation berbasis lectora inspire untuk meningkatkan keterampilan
menyimak di kelas IV bahwa kelayakan melalui validasi ahli materi skor 95%
dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh ahli media memperoleh skor
88% dengan kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan penggunaan media
pembelajaran diperoleh skor 100% dengan kategori “Sangat Praktis” oleh praktisi
pendidik, dan respon siswa uji coba perorangan mendapatkan skor 97,5% dan uji
coba kelompok kecil memperoleh skor 95%, kedua uji coba dipersentasekan
dengan total rata-rata skor 95,5% masuk dalam kategori “sangat praktis”.
Keefektifan media menunjukkan bahwa hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 54
dan mengalami peningkatan pada kegiatan post-test denagn nilai rata-rata 82,
kemudian peningkatan diukur dengan uji N-Gain dengan perolehan persentase ratarata
66% masuk dalam kriteria “Sedang” yang artinya efektif digunakan dalam
pembelajaran meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan media
pembelajaran dengan kategori sangat layak, sangat praktis, dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran di SD khususnya untuk meningkatkan keterampilan
menyimak di kelas IV SD Negeri 060851 Madong Lubis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Song with Animation, Lectora Inspire, Menyimak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:58 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58457 |