Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023

Amalina, Putri (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192111005_Cover.pdf] Text
1192111005_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1192111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192111005_Abstrak.pdf] Text
1192111005_Abstrak.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 1192111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 1192111005_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111005_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1192111005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111005_Daftar_Tabel.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1192111005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111005_Daftar_Gambar.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1192111005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1192111005_BAB_I.pdf] Text
1192111005_BAB_I.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 1192111005_BAB_V.pdf] Text
1192111005_BAB_V.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1192111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 060811 Medan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A dan V-B berjmlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Ekperimen Design (Eksperimen Semu) dengan tipe Nonequivalent Control Group Design dalam bentuk Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 25 soal pilihan berganda. Pada Penelitian ini kelas eksperimen belajar menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif sedangkan kelas kontrol belajar dengan menggunakan model Guided Inquiry. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain skor sebesar 0,875 > 0,7 kriteria “Tinggi” dengan persentase rata-rata sebesar 87,57%. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat baik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint interaktif. Berdasarkan perhitungan uji-t (independent sample t-test) dua pihak, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, uji hipotesis ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:51
Last Modified: 12 Jun 2024 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58454

Actions (login required)

View Item
View Item