Amalina, Putri (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192111005_Cover.pdf
Download (209kB)
1192111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192111005_Abstrak.pdf
Download (327kB)
1192111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (485kB)
1192111005_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
1192111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (181kB)
1192111005_Daftar_Gambar.pdf
Download (178kB)
1192111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (181kB)
1192111005_BAB_I.pdf
Download (573kB)
1192111005_BAB_V.pdf
Download (324kB)
1192111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (518kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 060811 Medan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A dan V-B berjmlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Ekperimen Design (Eksperimen Semu) dengan tipe Nonequivalent Control Group Design dalam bentuk Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 25 soal pilihan berganda. Pada Penelitian ini kelas eksperimen belajar menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif sedangkan kelas kontrol belajar dengan menggunakan model Guided Inquiry. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain skor sebesar 0,875 > 0,7 kriteria “Tinggi” dengan persentase rata-rata sebesar 87,57%. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat baik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint interaktif. Berdasarkan perhitungan uji-t (independent sample t-test) dua pihak, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, uji hipotesis ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:51 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58454 |