Pasaribu, Zuani Jesica (2024) Pengaruh Spin Reward Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Tema 1 Subtema 3 Kelas V SDS HKBP Pardamean Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411014_Cover.pdf
Download (68kB)
1192411014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192411014_Abstrak.pdf
Download (243kB)
1192411014_Kata_Pengantar.pdf
Download (380kB)
1192411014_Daftar_Isi.pdf
Download (388kB)
1192411014_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
1192411014_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
1192411014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (229kB)
1192411014_BAB_I.pdf
Download (640kB)
1192411014_BAB_V.pdf
Download (373kB)
1192411014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa kelas V SDS HKBP Pardamean Medan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terapat pengaruh positif dari metode reward terhadap keaktifan belajar siswa tema 1 subtema 3 kelas V SDS HKBP Pardamean Medan T.A 2023/2024. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-postest. Sampel penelitian ini kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Intrumen atau teknik pengumpulan data penelitian yaitu angket keaktifan belajar siswa dengan 17 butir soal dinyatakan valid dan 3 butir soal dinyatakan tidak valid. Reliabilitas 0,907 dinyatakan reliabel dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-T. hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata angket keaktifan belajar siswa dengan metode reward 74, sedangkan pembelajaran dengan metode konvensional yaitu 60,54. Selain itu, hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-T. diperoleh hasil thitung = -51,5642 > ttabel = -1,7207, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dimana artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode reward terhadap keaktifan belajar siswa tema 1 subtema 3 kelas V SDS HKBP Pardamean Medan T.A 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Reward; Keaktifan Belajar; One Group Pretest-Postest. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58430 |