Simanullang, Yesika Putri (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Doratoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311025_Cover.pdf
Download (30kB)
1193311025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (834kB)
1193311025_Abstrak.pdf
Download (172kB)
1193311025_Kata_Pengantar.pdf
Download (275kB)
1193311025_Daftar_Isi.pdf
Download (118kB)
1193311025_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
1193311025_Daftar_Tabel.pdf
Download (239kB)
1193311025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1193311025_BAB_I.pdf
Download (513kB)
1193311025_BAB_V.pdf
Download (193kB)
1193311025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Doratoon yang valid, praktis, dan efektif pada siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, guru kelas V dan 25 peserta didik untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media berbantuan aplikasi Doratoon menunjukkan: (1) Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat valid (85%) dan hasil validasi media secara keseluruhan pada kualifikasi sangat valid (90%); (2) Hasil praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat praktis (90%); (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata 87,8 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan aplikasi Doratoon yang dikembangkan peneliti sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan pada peserta didik kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Animasi; Doratoon; Discovery Learning; ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:17 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58428 |