Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Doratoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD T.A 2022/2023.

Simanullang, Yesika Putri (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Doratoon Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311025_Cover.pdf] Text
1193311025_Cover.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 1193311025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of 1193311025_Abstrak.pdf] Text
1193311025_Abstrak.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1193311025_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311025_Kata_Pengantar.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 1193311025_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311025_Daftar_Isi.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1193311025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311025_Daftar_Gambar.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1193311025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311025_Daftar_Tabel.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1193311025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193311025_BAB_I.pdf] Text
1193311025_BAB_I.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 1193311025_BAB_V.pdf] Text
1193311025_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1193311025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Doratoon yang valid, praktis, dan efektif pada siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, guru kelas V dan 25 peserta didik untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media berbantuan aplikasi Doratoon menunjukkan: (1) Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat valid (85%) dan hasil validasi media secara keseluruhan pada kualifikasi sangat valid (90%); (2) Hasil praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat praktis (90%); (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata 87,8 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan aplikasi Doratoon yang dikembangkan peneliti sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan pada peserta didik kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Animasi; Doratoon; Discovery Learning; ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:17
Last Modified: 11 Jun 2024 06:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58428

Actions (login required)

View Item
View Item