Aulia, Syarifah (2024) Pengembangan Media Smart PinwheelUntuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Kelas I SD Negeri 105322 Desa Masjid T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311059_Cover.pdf
Download (195kB)
1193311059_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193311059_Abstrak.pdf
Download (209kB)
1193311059_Kata_Pengantar.pdf
Download (263kB)
1193311059_Daftar_Isi.pdf
Download (237kB)
1193311059_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
1193311059_Daftar_Tabel.pdf
Download (115kB)
1193311059_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
1193311059_BAB_I.pdf
Download (460kB)
1193311059_BAB_V.pdf
Download (141kB)
1193311059_Daftar_Pustaka.pdf
Download (347kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk media Smart Pinwheelpada kelas I SD Negeri 105322 Desa Masjid yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunkan model dan pengembangan ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Model ADDIE melalui tahapan (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) penerapan, (5) evaluasi.Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 105322 Desa Masjid. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dihasilkan mendapatkan penilaian dari segi materi dengan persentase 87,2% termasuk kategori “Sangat layak”, penilaian dari segi desain media dengan persentase 85% termasuk kategori “Sangat layak”, (2) Hasil penilaian praktikalitas penggunaan media mendapatkan persentase akhir 87,7% dengan kategori “Sangat Praktis”, (3) Hasil rata-rata sebelum diterapkan media 56,4% dan setelah diterapkan media 90,2%. Sedangkan N-gain sebesar 12,9 dengan rata-rata 77% dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk ini maka dapat disimpulkan bahawa media Smart Pinwheel ini sangat layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Smart Pinwheel; Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:09 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58407 |