Munandar, Yudi Aris (2023) Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Tari Mak Inang Pak Malau Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2181141001 COVER.pdf
Download (256kB)
2. NIM.2181141001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (402kB)
3. NIM.2181141001 ABSTRACT.pdf
Download (247kB)
4. NIM.2181141001 PREFACE.pdf
Download (436kB)
5. NIM.2181141001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (273kB)
6. NIM.2181141001 LIST OF FIGURE.pdf
Download (244kB)
7. NIM.2181141001 LIST OF TABLE.pdf
Download (246kB)
8. NIM.2181141001 CHAPTER I.pdf
Download (569kB)
12. NIM.2181141001 CHAPTER V.pdf
Download (274kB)
13. NIM.2181141001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (416kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Probing Prompting untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan, Agar mengetahui hasil belajar dengan penerapan model Probing Prompting pada tari Mak Inang Pak Malau. Adapun teori yang menjadi pijakan pada penelitian ini adalah teori model Probing Prompting menurut Suherman&Huda (2013:281). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI SMAN 1 Simpang Empat. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah kelas XI SMAN 1 Simpang Empat yang memiliki jumlah siswa sebanyak 32 orang. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Pada pembelajaran seni tari dalam K 4.1 Memeragakan Gerak Tari Berdasarkan fungsi, teknik, bentuk, jenis, dan nilai estetis sesuai iringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Probing Prompting dari rata rata 67,53 (pre-test) meningkat menjadi 87,93 (Posttest) Hasil tersebut menunjukkan penggunaan model Probing Prompting pada pembelajaran seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Simpang Empat. Hasil tersebut diperoleh dari analisis uji T berpasangan yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (14,8 > 1,6737), sehingga hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Tari Mak Inang Pak Malau, Model Pembelajaran Probing Prompting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58404 |