Yati, Sufitri (2023) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Pemanfaatan Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1195011001_Cover.pdf
Download (44kB)
1195011001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (957kB)
1195011001_Abstrak.pdf
Download (66kB)
1195011001_Kata_Pengantar.pdf
Download (219kB)
1195011001_Daftar_Isi.pdf
Download (66kB)
1195011001_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1195011001_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
1195011001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1195011001_BAB_I.pdf
Download (286kB)
1195011001_BAB_V.pdf
Download (90kB)
1195011001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (309kB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan pemanfaatan handphone terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan siklus analisis data penelitian kualitatif model alir yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan terakhir orang tua yang S1 (Strata-1) berjumlah 1 orang dengan persentase 4%, pendidikan terakhir orang tua yang SLTA/sederajat berjumlah 19 orang dengan persentase 79%, pendidikan terakhir orang tua yang SMP/sederajat berjumlah 3 orang dengan persentase 13% dan pendidikan terakhir orang tua yang SD berjumlah 1 orang dengan persentase 4%. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan terakhir orang tua siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan lebih banyak dari tamatan SMA/SMK/MA. Pendidikan terakhir orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan dalam kategori rendah sebanyak 12 orang dengan rata-rata 50%, nilai hasil belajar siswa dalam kategori sedang sebanyak 5 orang dengan rata-rata 21%, nilai hasil belajar siswa dalam kategori cukup sebanyak 2 orang dengan rata-rata 8%, dan nilai hasil belajar siswa dalam kategori tinggi sebanyak 5 orang dengan rata-rata 21%. Dari data yang diperoleh terdapat 87,5% orang tua dengan rincian pendidikan terakhir orang tua siswa tamatan SMA/SMK berjumlah 17 orang, SD berjumlah 1 orang dan SMA berjumlah 3 orang menyatakan bahwa penggunaan Handphone memberikan pengaruh negatif terhadap anak-anaknya seperti malas belajar, telat makan di rumah, membohongi teman melalui media sosial dan melihat hal-hal yang tidak baik dari media sosial. Hal tersebut menunjukkan pengaruh negatif akan Handphone lebih besar daripada pengaruh positif akan Handphone jika tidak ada pengawasan dan bimbingan dari setiap orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Orang Tua; Penggunaan Handphone; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:37 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58402 |