Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Pemanfaatan Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan

Yati, Sufitri (2023) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Pemanfaatan Handphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1195011001_Cover.pdf] Text
1195011001_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1195011001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1195011001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of 1195011001_Abstrak.pdf] Text
1195011001_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1195011001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1195011001_Kata_Pengantar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1195011001_Daftar_Isi.pdf] Text
1195011001_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1195011001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1195011001_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1195011001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1195011001_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1195011001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1195011001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1195011001_BAB_I.pdf] Text
1195011001_BAB_I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 1195011001_BAB_V.pdf] Text
1195011001_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1195011001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1195011001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (309kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan pemanfaatan handphone terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan siklus analisis data penelitian kualitatif model alir yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan terakhir orang tua yang S1 (Strata-1) berjumlah 1 orang dengan persentase 4%, pendidikan terakhir orang tua yang SLTA/sederajat berjumlah 19 orang dengan persentase 79%, pendidikan terakhir orang tua yang SMP/sederajat berjumlah 3 orang dengan persentase 13% dan pendidikan terakhir orang tua yang SD berjumlah 1 orang dengan persentase 4%. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan terakhir orang tua siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan lebih banyak dari tamatan SMA/SMK/MA. Pendidikan terakhir orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064017 Medan Perjuangan dalam kategori rendah sebanyak 12 orang dengan rata-rata 50%, nilai hasil belajar siswa dalam kategori sedang sebanyak 5 orang dengan rata-rata 21%, nilai hasil belajar siswa dalam kategori cukup sebanyak 2 orang dengan rata-rata 8%, dan nilai hasil belajar siswa dalam kategori tinggi sebanyak 5 orang dengan rata-rata 21%. Dari data yang diperoleh terdapat 87,5% orang tua dengan rincian pendidikan terakhir orang tua siswa tamatan SMA/SMK berjumlah 17 orang, SD berjumlah 1 orang dan SMA berjumlah 3 orang menyatakan bahwa penggunaan Handphone memberikan pengaruh negatif terhadap anak-anaknya seperti malas belajar, telat makan di rumah, membohongi teman melalui media sosial dan melihat hal-hal yang tidak baik dari media sosial. Hal tersebut menunjukkan pengaruh negatif akan Handphone lebih besar daripada pengaruh positif akan Handphone jika tidak ada pengawasan dan bimbingan dari setiap orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Orang Tua; Penggunaan Handphone; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:37
Last Modified: 10 Jun 2024 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58402

Actions (login required)

View Item
View Item