EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACRO FLASH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA

Sitinjak, Ladestam (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACRO FLASH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of (1) NIM. 8146176009 COVER.pdf]
Preview
Text
(1) NIM. 8146176009 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of (2) NIM. 8146176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
(2) NIM. 8146176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of (3) NIM. 8146176009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
(3) NIM. 8146176009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of (4) NIM. 8146176009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
(4) NIM. 8146176009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of (5) NIM. 8146176009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
(5) NIM. 8146176009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of (6) NIM. 8146176009  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
(6) NIM. 8146176009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of (7) NIM. 8146176009 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
(7) NIM. 8146176009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of (8) NIM. 8146176009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
(8) NIM. 8146176009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of (9) NIM. 8146176009 BAB I.pdf]
Preview
Text
(9) NIM. 8146176009 BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of (13) NIM. 8146176009 Bab V.pdf]
Preview
Text
(13) NIM. 8146176009 Bab V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of (14) NIM. 8146176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
(14) NIM. 8146176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efek model Problem Based Learning menggunakan macro flash, terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa, untuk mengetahui efek keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa dan untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning menggunakan macro flash dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan insrumen keterampilan berpikir kritis bentuk essai sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan macro flash lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Model Problem Based Learning menggunakan macro flash dan keterampilan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sit e
Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Berpikir kritis; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:56
Last Modified: 16 Jun 2016 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item
View Item