Sitinjak, Ladestam (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACRO FLASH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
(1) NIM. 8146176009 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
(2) NIM. 8146176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
(3) NIM. 8146176009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
(4) NIM. 8146176009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
(5) NIM. 8146176009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
(6) NIM. 8146176009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
(7) NIM. 8146176009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
(8) NIM. 8146176009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
(9) NIM. 8146176009 BAB I.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
(13) NIM. 8146176009 Bab V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
(14) NIM. 8146176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efek model Problem Based Learning menggunakan macro flash, terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa, untuk mengetahui efek keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa dan untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning menggunakan macro flash dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan insrumen keterampilan berpikir kritis bentuk essai sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan macro flash lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Model Problem Based Learning menggunakan macro flash dan keterampilan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sit e |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Berpikir kritis; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5840 |