Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Growth Mindset untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas IV SDN 106162 Medan Estate T.A. 2023/2024

Ramadhani, Sharfina (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Growth Mindset untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas IV SDN 106162 Medan Estate T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311058_Cover.pdf] Text
1193311058_Cover.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1193311058_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311058_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 1193311058_Abstrak.pdf] Text
1193311058_Abstrak.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1193311058_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311058_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1193311058_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311058_Daftar_Isi.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193311058_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311058_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311058_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311058_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1193311058_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311058_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1193311058_BAB_I.pdf] Text
1193311058_BAB_I.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 1193311058_BAB_V.pdf] Text
1193311058_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1193311058_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311058_Daftar_Pustaka.pdf

Download (246kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis growth mindset yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 7 tahapan penelitian yaitu, potensi daln malsallalh, pengumpulaln daltal, desalin produk, vallidalsi desalin, revisi desalin, uji cobal produk, daln revisi produk. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Validitas bahan ajar berbasis growth mindset medapatkan persentase 80%, dengan skor 28 dari skor maksimal 35 oleh ahli desain bahan ajar, dan 84% dengan skor 46 dari skor maksimal 55 oleh ahli konten bahan ajar dengan kriteria “layak”. (2) Praktikalitas bahan ajar berbasis growth mindset dilihat dari angket respon guru. Hasil angket tersebut mendapatkan nilai 15 dari nilai maksimal 15 dengan skor 100 dengan persentase sebanyak 100%. Hal tersebut mengartikan bahwa bahan ajar berbasis growth mindset sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Efektifitas bahan ajar berbasis growth mindset dapat dilihat dari tes pretest dan posttest. Dari test pretest mendapatkan nilai rata-rata 55,5 dengan persentase 55,5%, nilai posttest mendapatkan nilai rata-rata 77,50 dengan persentase 77,5%. Dengan demikian hasil pretest dan posttest meningkat sebesar 22%. Adanya peningkatan hasil tes pretest dan posttest maka media bahan ajar berbasis growth mindset dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar; Growth Mindset; Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:19
Last Modified: 10 Jun 2024 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58399

Actions (login required)

View Item
View Item