Ramadhani, Sharfina (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Growth Mindset untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas IV SDN 106162 Medan Estate T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311058_Cover.pdf
Download (123kB)
1193311058_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (762kB)
1193311058_Abstrak.pdf
Download (235kB)
1193311058_Kata_Pengantar.pdf
Download (237kB)
1193311058_Daftar_Isi.pdf
Download (174kB)
1193311058_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1193311058_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
1193311058_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
1193311058_BAB_I.pdf
Download (436kB)
1193311058_BAB_V.pdf
Download (206kB)
1193311058_Daftar_Pustaka.pdf
Download (246kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis growth mindset yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 7 tahapan penelitian yaitu, potensi daln malsallalh, pengumpulaln daltal, desalin produk, vallidalsi desalin, revisi desalin, uji cobal produk, daln revisi produk. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Validitas bahan ajar berbasis growth mindset medapatkan persentase 80%, dengan skor 28 dari skor maksimal 35 oleh ahli desain bahan ajar, dan 84% dengan skor 46 dari skor maksimal 55 oleh ahli konten bahan ajar dengan kriteria “layak”. (2) Praktikalitas bahan ajar berbasis growth mindset dilihat dari angket respon guru. Hasil angket tersebut mendapatkan nilai 15 dari nilai maksimal 15 dengan skor 100 dengan persentase sebanyak 100%. Hal tersebut mengartikan bahwa bahan ajar berbasis growth mindset sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Efektifitas bahan ajar berbasis growth mindset dapat dilihat dari tes pretest dan posttest. Dari test pretest mendapatkan nilai rata-rata 55,5 dengan persentase 55,5%, nilai posttest mendapatkan nilai rata-rata 77,50 dengan persentase 77,5%. Dengan demikian hasil pretest dan posttest meningkat sebesar 22%. Adanya peningkatan hasil tes pretest dan posttest maka media bahan ajar berbasis growth mindset dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar; Growth Mindset; Membaca Pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:19 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58399 |