Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia

Panjaitan, Setia Juwita (2024) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311091_Cover.pdf] Text
1193311091_Cover.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1193311091_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311091_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of 1193311091_Abstrak.pdf] Text
1193311091_Abstrak.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of 1193311091_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311091_Kata_Pengantar.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 1193311091_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311091_Daftar_Isi.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of 1193311091_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311091_Daftar_Gambar.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of 1193311091_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311091_Daftar_Tabel.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of 1193311091_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311091_Daftar_Lampiran.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of 1193311091_BAB_I.pdf] Text
1193311091_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311091_BAB_V.pdf] Text
1193311091_BAB_V.pdf

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kkelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 13 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan, dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia dengan jumlah 19 siswa, 13 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan. Proses penelitian ini dimulai dengan memberikan tes membaca pada siswa, kemudian setekah aspek kesulitan diketahui, lalu diamati karaktersitik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah kesulitan menyimak dan pemahaman isi bacaan dengan skor 13%. Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek kelancaraan membaca nyaring dengan skor 33%. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan membaca kata yang tidak memiliki arti yaitu sebesar 39%. Lalu kesulitan pada aspek membaca kata dengan skor 47%. Aspek kesulitan terakhir yaitu aspek mengindentifikasi huruf yaitu sebesar 78%. Karakterisitik kesulitan membaca permulaan siswa yaitu kesulitan mengidentifikasi huruf dalam susunan kata, megeja terbata-bata, mengucapkan kata salah, kurang memperhatikan tanda baca, tidak memahami isi bacaa, dan sulit konsentrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesulitan; Membaca Permulaan; Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:53
Last Modified: 10 Jun 2024 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58392

Actions (login required)

View Item
View Item