Panjaitan, Setia Juwita (2024) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311091_Cover.pdf
Download (297kB)
1193311091_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (911kB)
1193311091_Abstrak.pdf
Download (947kB)
1193311091_Kata_Pengantar.pdf
Download (356kB)
1193311091_Daftar_Isi.pdf
Download (981kB)
1193311091_Daftar_Gambar.pdf
Download (920kB)
1193311091_Daftar_Tabel.pdf
Download (919kB)
1193311091_Daftar_Lampiran.pdf
Download (920kB)
1193311091_BAB_I.pdf
Download (1MB)
1193311091_BAB_V.pdf
Download (948kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kkelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 13 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan, dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas I SD Negeri 064982 Medan Helvetia dengan jumlah 19 siswa, 13 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan. Proses penelitian ini dimulai dengan memberikan tes membaca pada siswa, kemudian setekah aspek kesulitan diketahui, lalu diamati karaktersitik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah kesulitan menyimak dan pemahaman isi bacaan dengan skor 13%. Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek kelancaraan membaca nyaring dengan skor 33%. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan membaca kata yang tidak memiliki arti yaitu sebesar 39%. Lalu kesulitan pada aspek membaca kata dengan skor 47%. Aspek kesulitan terakhir yaitu aspek mengindentifikasi huruf yaitu sebesar 78%. Karakterisitik kesulitan membaca permulaan siswa yaitu kesulitan mengidentifikasi huruf dalam susunan kata, megeja terbata-bata, mengucapkan kata salah, kurang memperhatikan tanda baca, tidak memahami isi bacaa, dan sulit konsentrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan; Membaca Permulaan; Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:53 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58392 |