Syafredi, Kyky (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146176008 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 8146176008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3. NIM 8146176008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 8146176008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 8146176008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 8146176008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM 8146176008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM 8146176008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 8146176008 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM 8146176008 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM 8146176008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa dengan model pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional; kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa dengan kreativitas di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kreativitas di bawah rata-rata; dan interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kreativitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi adalah siswa SMA kelas XI IPA sebanyak sembilan kelas tahun pelajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class sebanyak dua kelas yaitu XI 1 dan XI 2, dimana kelas XI 1, sebagai kelas eksperimen, dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery dan kelas XI 2, sebagai kelas kontrol, dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan tes kreativitas berupa tes esai serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian melalui analisis uji hipotesis bahwa ada perbedaan signifikan antara efek model pembelajaran, kreativitas terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kesimpulan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa menggunakan model pembelajaran discovery menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional; kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa dengan kreativitas di atas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kreativitas di bawah rata-rata; serta tidak ada interaksi antara efek model pembelajaran dan kreativitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sya e |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Kreativitas; Pembelajaran discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:50 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5839 |