Pakpahan, Ruth imelda (2023) Pengembangan Media Visual Gerak Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 3 Siswa Kelas IV SDN 091355 Urung Panei. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311021_Cover.pdf
Download (66kB)
1193311021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193311021_Abstrak.pdf
Download (348kB)
1193311021_Kata_Pengantar.pdf
Download (422kB)
1193311021_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
1193311021_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
1193311021_Daftar_Tabel.pdf
Download (239kB)
1193311021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
1193311021_BAB_I.pdf
Download (788kB)
1193311021_BAB_V.pdf
Download (378kB)
1193311021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (247kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefetifan produk media pembelajaran visual gerak pada pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IV SDN 091355 Urung Panei. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN 091355 Urung Panei yang terletak di Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Subjek dari penelitan dan pengembangan ini adalah 26 orang peserta didik kelas IV SD 091355 Urung Panei. Objek dari penelitian ini adalah pengembangan media visual gerak pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membuktikan bahwa media pembelajaran visual gerak berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan minat belajar siswa, serta video edukasi dengan animasi cukup positif untuk digunakan dalam pembelajaran dan memenuhi kriteria “Sangat efektif”’. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 43,53 dengan presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 0% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 86,67 dengan presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%. Hal ini mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 100%. Penilaian ahli terhadap kelayakan media visual gerak pada kelas IV tema 8 subtema 3 dengan menggunakan aplikasi oleh dua dosen PGSD Unimed, yakni sebagai ahli media pembelajaran dan sebagai ahli materi pembelajaran. Penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 86% sehingga hasil penilaian kelayakan media adalah “sangat layak”. Demikian juga diperoleh penilaian dari ahli materi pembelajaran sebesar 95% sehingga hasil penilaian kelayakan media adalah “sangat layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kelas IV SD; Pengembangan; Visual Gerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 09:44 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58385 |