Pengembangan Media Visual Gerak Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 3 Siswa Kelas IV SDN 091355 Urung Panei

Pakpahan, Ruth imelda (2023) Pengembangan Media Visual Gerak Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 3 Siswa Kelas IV SDN 091355 Urung Panei. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311021_Cover.pdf] Text
1193311021_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1193311021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311021_Abstrak.pdf] Text
1193311021_Abstrak.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 1193311021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311021_Kata_Pengantar.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 1193311021_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311021_Daftar_Isi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1193311021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311021_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1193311021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311021_Daftar_Tabel.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1193311021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193311021_BAB_I.pdf] Text
1193311021_BAB_I.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 1193311021_BAB_V.pdf] Text
1193311021_BAB_V.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1193311021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefetifan produk media pembelajaran visual gerak pada pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IV SDN 091355 Urung Panei. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN 091355 Urung Panei yang terletak di Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Subjek dari penelitan dan pengembangan ini adalah 26 orang peserta didik kelas IV SD 091355 Urung Panei. Objek dari penelitian ini adalah pengembangan media visual gerak pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membuktikan bahwa media pembelajaran visual gerak berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan minat belajar siswa, serta video edukasi dengan animasi cukup positif untuk digunakan dalam pembelajaran dan memenuhi kriteria “Sangat efektif”’. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 43,53 dengan presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 0% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 86,67 dengan presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%. Hal ini mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 100%. Penilaian ahli terhadap kelayakan media visual gerak pada kelas IV tema 8 subtema 3 dengan menggunakan aplikasi oleh dua dosen PGSD Unimed, yakni sebagai ahli media pembelajaran dan sebagai ahli materi pembelajaran. Penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 86% sehingga hasil penilaian kelayakan media adalah “sangat layak”. Demikian juga diperoleh penilaian dari ahli materi pembelajaran sebesar 95% sehingga hasil penilaian kelayakan media adalah “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kelas IV SD; Pengembangan; Visual Gerak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:44
Last Modified: 07 Jun 2024 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58385

Actions (login required)

View Item
View Item