DÉVELOPPEMENT DU MATÉRIEL D’APPRENTISSAGELE FRANÇAIS EN UTILISANT LE WEB PIXTON EDU À SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN

Simalango, Zending Nicolas (2023) DÉVELOPPEMENT DU MATÉRIEL D’APPRENTISSAGELE FRANÇAIS EN UTILISANT LE WEB PIXTON EDU À SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2181131015 COVER.pdf] Text
1. NIM 2181131015 COVER.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 2. NIM 2181131015 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2181131015 APPROVAL SHEET.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 3. NIM 2181131015 RESUME.pdf] Text
3. NIM 2181131015 RESUME.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4. NIM 2181131015 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM 2181131015 ABSTRACT.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 5. NIM 2181131015 PREFACE.pdf] Text
5. NIM 2181131015 PREFACE.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 6. NIM 2181131015 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
6. NIM 2181131015 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 7. NIM 2181131015 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM 2181131015 LIST OF TABLE.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 8. NIM 2181131015 LIST OF FIGURE.pdf] Text
8. NIM 2181131015 LIST OF FIGURE.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 9. NIM 2181131015 LIST OF DIAGRAM.pdf] Text
9. NIM 2181131015 LIST OF DIAGRAM.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 14. NIM 2181131015 CHAPTER V.pdf] Text
14. NIM 2181131015 CHAPTER V.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 15. NIM 2181131015 BIBLIGRAPHY.pdf] Text
15. NIM 2181131015 BIBLIGRAPHY.pdf

Download (191kB)

Abstract

Proses penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan pengembangan materi pembelajaran bahasa pranics menggunakan web Pixton Edu di SMA GKPI Padang Bulan Medan dan untuk meningkatkan kompetensi berbicara bahasa Prancis pada materi “Raconter Ce Qu’on Aime Et Déteste A L’école” di sekolah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian dan pengembangan oleh Sugiyono yang memiliki 10 langkah penelitian, namun peneliti telah memodifikasi menjadi 5 langkah, yaitu 1) langkah pertama adalah potensi dan masalah, dengan mengumpulan informasi pada RPP Bahasa Prancis SMA GKPI Padang Bulan Medan, angket analisis kebutuhan, dan wawncara guru. 2) langkah kedua adalah pengumpulan data, data-data diperlukan untuk proses pengembangan materi. 3) langkah ketiga adalah desain produk, pada tahap ini telah dirancang berupa materi dan media pembelajaran. 4) langkah keempat adalah validasi produk, yang telah divalidasi dari validator ahli media dan materi. 5) langkah kelima adalah revisi desain, produk direvisi atas dasar saran dan komentar validator. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan materi “Raconter Ce Qu’on Aime Et Déteste A L’école” menggunakan media komik Pixton ini dinyatakan layak dari segi materi dengan tingkat kelayakan 93,3% dengan kategori “sangat baik” dan dari segi media dengan tingkat kelayakan 86,25% dengan kategori “sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa materi dan media yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan atau diujicobakan dalam pelajaran bahasa Prancis di SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: komik; Pixton; media pembelajaran; menceritakan sesuatu halyang disukai dan tidak disukai di sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:07
Last Modified: 07 Jun 2024 09:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58383

Actions (login required)

View Item
View Item