Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 101774 Sampali.

Dabukke, Rosella Priselya (2024) Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 101774 Sampali. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411026_Cover.pdf] Text
1192411026_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1192411026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192411026_Abstrak.pdf] Text
1192411026_Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1192411026_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411026_Kata_Pengantar.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 1192411026_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411026_Daftar_Isi.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 1192411026_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411026_Daftar_Gambar.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of 1192411026_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411026_Daftar_Tabel.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of 1192411026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of 1192411026_BAB_I.pdf] Text
1192411026_BAB_I.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of 1192411026_BAB_V.pdf] Text
1192411026_BAB_V.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of 1192411026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV di SDN 101774 Sampali. Populasi penelitian sebanyak 60 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas V-A dan 30 siswa kelas V-B. Sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling sehingga seluruh jumlah populasi merangkap sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dimana penelitian ini mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap 2 kondisi yang homogen. Prosedur dalam penelitian terdiri atas tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Sebelum melaksanakan penelitian, dilakukan pengujian instrumen penelitian yaitu uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Selanjutnya, diberikan pretest pada kedua kelas, kemudian kelas ekperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan terakhir kedua kelas diberikan postest. Data dianalisis dan dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan pretest pada kelas eksperimen, rata-rata hasil belajar siswa adalah 45,67 dan setelah menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), rata-rata hasil belajar siswa pada posttest adalah 81,03. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD 101774 Sampali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME); Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:11
Last Modified: 07 Jun 2024 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58380

Actions (login required)

View Item
View Item