EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA SMA NEGERI 1 KUTA CANE TAHUN AJARAN 2015/2016

Susilawati, Sri Mila (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA SMA NEGERI 1 KUTA CANE TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136176043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136176043 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136176043 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136176043 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136176043 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136176043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136176043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136176043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136176043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136176043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136176043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136176043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136176043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136176043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 8136176043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136176043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136176043 BAB I .pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136176043 BAB I .pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136176043 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136176043 BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136176043 DAFTAR PUSTAKA .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136176043 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran direct instruction., (2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan pemahaman konsep awal rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dimana kelas pertama diterapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pemahaman konsep awal yang terdiri dari 10 pertanyaan dan instrumen hasil belajar fisika terdiri dari 10 pertanyaan.yang dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keterampilan proses sains siswa yang diberikan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan model pembelajaran direct instruction; (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sus e
Keywords: Model pembelajaran; Direct instruction; Inquiry training; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:44
Last Modified: 16 Jun 2016 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item
View Item