Tanjung, Reza Syahputra (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411044_Cover.pdf
Download (304kB)
1192411044_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192411044_Abstrak.pdf
Download (174kB)
1192411044_Kata_Pengantar.pdf
Download (457kB)
1192411044_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
1192411044_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
1192411044_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
1192411044_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
1192411044_BAB_I.pdf
Download (670kB)
1192411044_BAB_V.pdf
Download (344kB)
1192411044_Daftar_Pustaka.pdf
Download (452kB)
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 komponen tahapan diantaranya ada tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, praktisi pendidikan yang berjumlah 20 siswa kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrument wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas dengan nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media memperoleh rata-rata skor 4,7 dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 94,8% berkategori “Sangat Layak” sedangkan hasil dari penilaian ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,7 dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 95,5% Berkategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas dilakukan kepada praktisi pendidikan dengan memperoleh hasil rata-rata nilai sebesar 4,5dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase kepraktisan sebesar 91,8% Kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil keefektifan media, Hasil pretest dan posttest siswa tersebut berdasarkan analisis N-Gain diperoleh skor rata-rata N-Gain persen sebesar 60,52 dengan klasifikasi “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023 Sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Game Edukasi; Wordwall; ADDIE; Research & Development; Matematika; Pecahan Senilai |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 04:42 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58362 |