Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023

Tanjung, Reza Syahputra (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411044_Cover.pdf] Text
1192411044_Cover.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 1192411044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192411044_Abstrak.pdf] Text
1192411044_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1192411044_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411044_Kata_Pengantar.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 1192411044_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411044_Daftar_Isi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1192411044_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411044_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1192411044_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411044_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1192411044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1192411044_BAB_I.pdf] Text
1192411044_BAB_I.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 1192411044_BAB_V.pdf] Text
1192411044_BAB_V.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 1192411044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (452kB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 komponen tahapan diantaranya ada tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, praktisi pendidikan yang berjumlah 20 siswa kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrument wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas dengan nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media memperoleh rata-rata skor 4,7 dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 94,8% berkategori “Sangat Layak” sedangkan hasil dari penilaian ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,7 dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase kelayakan 95,5% Berkategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas dilakukan kepada praktisi pendidikan dengan memperoleh hasil rata-rata nilai sebesar 4,5dengan kategori “Sangat Baik” dengan persentase kepraktisan sebesar 91,8% Kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil keefektifan media, Hasil pretest dan posttest siswa tersebut berdasarkan analisis N-Gain diperoleh skor rata-rata N-Gain persen sebesar 60,52 dengan klasifikasi “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas IV SDN 135563 Kota Tanjungbalai T.A 2022/2023 Sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Game Edukasi; Wordwall; ADDIE; Research & Development; Matematika; Pecahan Senilai
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:42
Last Modified: 07 Jun 2024 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58362

Actions (login required)

View Item
View Item