Andika, Putra Dwi (2024) Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Menggunakan Canva Pada Tema 7 di kelas V SD Negeri 107396 Paluh Merbau. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311046_Cover.pdf
Download (120kB)
1193311046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (328kB)
1193311046_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1193311046_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
1193311046_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
1193311046_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1193311046_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
1193311046_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1193311046_BAB_I.pdf
Download (378kB)
1193311046_BAB_V.pdf
Download (137kB)
1193311046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (194kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar pembelajaran tematik menggunakan canva pada tema 7 sub tema 2. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 107396 Paluh Merbau Kabupaten Deli Serdang, penelitian ini dilakukan dengan cara bertahap dari bulan Juli-September 2023 sesuai dengan pengembangan bahan ajar. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru SD Kelas V SD Negeri 107396 Paluh Merbau, dan Siswa Kelas V SD Negeri 107396 Paluh Merbau yang terdiri dari 28 siswa. Adapun siswa laki-laki terdiri dari 8 orang dan siswa perempuan 20 orang. Teknik pengumpulan
data berupa data kualitatif dari pengamatan aktivitas siswa untuk menilai Validitas, kepraktisan dan keefektifan. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran pada pelajaran IPA pokok bahasan organ pencernaan manusia Tema 7 Subtema 2 dengan bantuan aplikasi Canva dinyatakan sangat valid oleh validator untuk bahan ajar pembelajaran sebesar 85%.. Berdasarkan hasil penilaian rekapitulasi angket
respon siswa yang sudah dilakukan pada 25 siswa, diperoleh penilaian menyatakan tidak layak sebanyak 2 siswa yaitu sebesar 8% (Tidak Layak) terkait media yang dikembangkan, dan menyatakan layak sebanyak 23 siswa yaitu sebesar 92% (Sangat Layak). Maka bahan ajar pembelajaran tematik berbantuan
aplikasi canva pada pokok bahasan tema 7 subtema 2 dinyatakan layak. Berdasarkan hasil perolehan ketuntasan belajar diperoleh sebesar 92% (sangat efektif), maka bahan ajar pembelajaran tematik berbantuan aplikasi canva pada
pokok bahasan tema 7 subtema 2 yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar; Canva; Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58357 |