Pengaruh Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Siswa Kelas III MI Madinatussalam T.A 2023/2024

Syahfitri, Ramadani (2024) Pengaruh Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Siswa Kelas III MI Madinatussalam T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311044_Cover.pdf] Text
1193311044_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1193311044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311044_Abstrak.pdf] Text
1193311044_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1193311044_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311044_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 1193311044_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311044_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193311044_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311044_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193311044_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311044_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193311044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193311044_BAB_I.pdf] Text
1193311044_BAB_I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 1193311044_BAB_V.pdf] Text
1193311044_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1193311044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikasi dari metode pembelajaran role playing pada pembelajarantematik muatan pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 2 untuk siswa kelas III MI Madinatussalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan III B MI Madinatussalam tahun 2023/ 20224. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B MI Madinatussalam yang berjumlah 64 orang siswa yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi dan tes (soal). Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan: nilai signifikansi untuk data pretest dan postest kelas eksperimen adalah 0,1216 ≥ 0,05 dan 0,238 ≥ 0,05 yang berarti data berdistribusi normal dan nilai signifikansi untuk data pretest dan postest kelas kontrol adalah 0,2581 ≥ 0,05 dan 0,238 ≥ 0,05 yang berarti data berdistribusi tidak normal. Uji homogenitas menggunakan uji Hartley dengan perolehan nilai signifikansi pretest 1,822 dan perolehan nilai signifikansi posttest 1,822 yang dimana ≥ 0,05 maka dinyatakan homogen. Nilai uji-T post test eksperimen 84,063 dan post test kontrol 65,156, pada taraf signifikansi 0,05 yang dimana ≤ 0,05, dapat disimpulkan bahwa memiliki pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia pada tema 3 sub 2 pembelajaran 2 kelas III MI Madinatussalam T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Role Playing; Metode Pembelajaran; Pengaruh
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:48
Last Modified: 07 Jun 2024 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58356

Actions (login required)

View Item
View Item