Sulistio (2024) Manajemen Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Link And Match SMK Negeri 1 Lima Puluh Dengan IDUKA. Masters thesis, UNIMED.
8206132008_Cover.pdf
Download (49kB)
8206132008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (744kB)
8206132008_Abstrak.pdf
Download (243kB)
8206132008_Kata_Pengantar.pdf
Download (355kB)
8206132008_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
8206132008_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
8206132008_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
8206132008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
8206132008_BAB_I.pdf
Download (889kB)
8206132008_BAB_V.pdf
Download (321kB)
8206132008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (412kB)
Abstract
Manajemen Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Link And Match SMK Negeri 1 Lima Puluh Dengan IDUKA, Tesis, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis langkah-langkah kepala sekolah, ketua program studi, dan guru produktif dalam mewujudkan link and match dengan IDUKA; 2) Untuk menganalisis konsep guru dalam menganalisis penerapan kurikulum merdeka belajar pada SMK dengan menyesuaikan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan IDUKA; 3) Untuk menganalisis penerapan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dengan mengadopsi pemerdikbud no. 50 tahun 2020 dimana mengharuskan peserta didik mengikuti program praktek kerja industri di IDUKA minimal selama 6 bulan; Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis adalah data hasil wawancara, dokumen penelitian, observasi, dan membuat catatan lapangan dengan kepala SMK Negeri 1 lima puluh, ketua program studi multi media, ketua program studi perhotelan, ketua program studi tata busana, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru mata pelajaran berkaitan dengan Manajemen Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Link And Match SMK Negeri 1 Lima Puluh Dengan IDUKA;. Hasil yang diperoleh dari Penelitian ini adalah (1) Langkah-langkah yang dilakukan Kepala Sekolah, bersama ketua program studi dan guru produktif dalam melakukan link and match dengan IDUKA mulai dari memetakan perusahaan yang sesuai, penyampaian proposal ke IDUKA, audiensi untuk kerjasama, penandatanganan MOU, penyusunan kurikulum secara bersama dengan IDUKA, melaksanakan magang guru, menghadirkan guru tamu dari IDUKA, serta mengirim peserta prakerin dengan durasi waktu sesuai dengan regulasi dan kesepakatan dengan IDUKA.; (2) Dalam menganalisis penerapan kurikulum merdeka belajar pada SMK dengan menyesuaikan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan IDUKA dapat tercermin dari dilaksanakannya sosialisasi awal bersama pengawas pembina, merumuskan bersama IDUKA kurikulum yang digunakan, pembagian tugas guru, menyusun rencana pembelajaran, suvervisi pembelajaran, dan evaluasi proses serta hasil; (3) Penerapan praktik kerja industri pada SMK Negeri 1 lima puluh pertama harus mempertimbangkan kondisi daya tampung IDUKA, kedua kemampuan orang tua dalam memfasilitasi biaya akomodasi anaknya selama prakerin, ketiga kematangan psikologi peserta didik ketika akan diterjunkan ke IDUKA untuk mengikuti aturan dan prosedur kerja selama prakerin, dan yang terakhir kesiapan seluruh perangkat sekolah dalam mempersiapkan seluruh peserta didiknya, Pelaksanaan prakerin dilakukan selama 4 bulan sampai 5 bulan lebih 15 hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Sul m |
Keywords: | Manajemen Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Link And Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:29 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58353 |