Syahputra, Gunawan (2023) Pengembangan Model Pelatihan Pra Praktik Kerja Lapangan Industri Untuk Meningkatkan Kesiapan Siswa dalam Melaksanakan PKLI pada Sekolah. Masters thesis, UNIMED.
8206131001_Cover.pdf
Download (85kB)
8206131001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (576kB)
8206131001_Abstrak.pdf
Download (206kB)
8206131001_Kata_Pengantar.pdf
Download (461kB)
8206131001_Daftar_Isi.pdf
Download (268kB)
8206131001_Daftar_Tabel.pdf
Download (205kB)
8206131001_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
8206131001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
8206131001_BAB_I.pdf
Download (487kB)
8206131001_BAB_V.pdf
Download (66kB)
8206131001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (243kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan Model pelatihan pra PKLI untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam melaksanakan PKLI pada Sekolah Menengah Kejuruan TKRO di SMK Bina Satria Medan dan (2) mengetahui keefektifan Model pelatihan pra PKLI untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam melaksanakan PKLI pada Sekolah Menengah Kejuruan TKRO di SMK Bina Satria Medan Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari satu orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran, dan siswa kelas XI SMK Bina Satria Medan T.A 2023/2024 yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah model pelatihan, skala respon siswa terhadap model pelatihan dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi berada pada klasifikasi sangat baik (88%), (2) uji ahli model pelatihan berada pada klasifikasi sangat baik (92,94%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (97,35%). Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa Model pelatihan pra PKLI layak dan efektif digunakan serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pelatihan pra PKLI dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pelatihan pra PKLI. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil test diproleh harga t hitung = 10,691, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel untuk hasil praktik diperoleh harga harga t hitung = 11,023, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan model pelatihan pra PKLI 85 %, Sedangkan Kelompok siswa yang tidak menggunakan model pelatihan pra PKLI sebesar 68%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sya p |
Keywords: | Model pelatihan Pra PKLI, Budaya Industri, Dasar Otomotif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:11 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58348 |