Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Kearifan Lokal dengan Menggunakan Flipbook di kelas IV SDN 34 Mampang

Pohan, Rizkah Mahyuni (2023) Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Kearifan Lokal dengan Menggunakan Flipbook di kelas IV SDN 34 Mampang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182012_Cover.pdf] Text
8196182012_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 8196182012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 8196182012_Abstrak.pdf] Text
8196182012_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8196182012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182012_Kata_Pengantar.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 8196182012_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182012_Daftar_Isi.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8196182012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196182012_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 8196182012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182012_Daftar_Gambar.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 8196182012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8196182012_BAB_I.pdf] Text
8196182012_BAB_I.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 8196182012_BAB_V.pdf] Text
8196182012_BAB_V.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 8196182012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196182012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan modul ajar IPAS berbasis kearifan lokal dengan menggunakan flipbook di kelas IV SDN 34 Mampang. Bentuk studi ini dikenal sebagai penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan desain 4D dari Thiagarajan. Subjek penelitian ini merupakan tiga validator ahli materi, desain dan bahasa, guru, serta peserta didik kelas IV sebanyak 40 orang yang masing-masing terdiri dari 20 peserta diidk di kelas kontrol dan 20 di kelas eksperimen. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli desain 99,07%, ahli materi 92,85%, dan ahli bahasa 87,50%. Hasil ini menunjukkan kriteria yang sangat layak untuk digunakan dalam penelitian. Kuesioner respon guru juga membuahkan hasil 96,87%. Nilai pretes menunjukkan hasil rata-rata 53,3%, dan nilai postes menunjukkan hasil rata-rata 75,55%, N-Gain sebesar 0,45, Hal ini berarti peningkatan nilai hasil belajar siswa tergolong sedang. Kemudian diperoleh nilai sebesar 0,001 berarti nilai Sig < 0,05 sehingga menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada Kelas Eksperiment dengan Kelas Kontrol, hal ini dapat dimaknai bahwa modul ajar IPAS berbasis Kearifan lokal dengan menggunakan Flipbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan telah mencapai taraf keefektifan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Poh p
Keywords: Modul Ajar IPAS, Kearifan Lokal, Flipbook
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Jun 2024 09:35
Last Modified: 06 Jun 2024 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58332

Actions (login required)

View Item
View Item