Panjaitan, Novita Yolanda (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas V SD Swasta Yaspenhan-1 Medan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111039_Cover.pdf
Download (194kB)
1193111039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193111039_Abstrak.pdf
Download (319kB)
1193111039_Kata_Pengantar.pdf
Download (374kB)
1193111039_Daftar_Isi.pdf
Download (402kB)
1193111039_Daftar_Gambar.pdf
Download (223kB)
1193111039_Daftar_Tabel.pdf
Download (239kB)
1193111039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (240kB)
1193111039_BAB_I.pdf
Download (616kB)
1193111039_BAB_V.pdf
Download (420kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis nearpod terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 di kelas V SD Swasta Yaspenhan-1 Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain dari penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dengan menggunakan Non Equivalent Pretest Posstest Control Group Design dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol, selanjutnya kedua kelas diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media ajar terhadap hasil belajar. Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A dan V-B yang berjumlah 37 siswa di SD Swasta Yaspenhan-1 medan T.P 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media Pembelajaran berbasis nearpod terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 2. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed. Bedasarkan hasil nilai prettest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat menunjukkan perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan. Hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 38,95 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 40,28. Dari data tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 83,95 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 80,83. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Jika kedua nilai posttest tersebut dibandingkan terdapat perbedaan. Berdasarkan perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis nearpod pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Swasta Yaspenhan-1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran berbasis nearpod; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 08:41 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58331 |