Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku Kelas II SDN 106162 Medan Estate

Putri, Nanda Widya (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku Kelas II SDN 106162 Medan Estate. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111034_Cover.pdf] Text
1191111034_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1191111034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 1191111034_Abstrak.pdf] Text
1191111034_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1191111034_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111034_Kata_Pengantar.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1191111034_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111034_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1191111034_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111034_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1191111034_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111034_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191111034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191111034_BAB_I.pdf] Text
1191111034_BAB_I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 1191111034_BAB_V.pdf] Text
1191111034_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1191111034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEAM terhadap literasi sains siswa pada materi pengukuran panjang baku dan tidak baku kelas II SDN 106162 Medan Estate. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II B sebagai kelas eksperimen dan kelas II A sebagai kelas kontrol SDN 106162 Medan Estate yang masing-masing kelas berjumlah 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,69 dan kelas kontrol sebesar 49,78. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,48 dan kelas kontrol sebesar 71,09 sehingga penerapan pembelajaran berbasis STEAM dapat meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil dengan taraf signifikan yang digunakan
adalah 5% = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 23+23-2 = 44 sebesar nilai thitung > ttabel = 4,644 > 2,0154 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan literasi sains siswa
menggunakan metode pembelajaran berbasis STEAM dengan metode
pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: STEAM; Literasi sains; Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:26
Last Modified: 06 Jun 2024 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58330

Actions (login required)

View Item
View Item