Putri, Nanda Widya (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku Kelas II SDN 106162 Medan Estate. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111034_Cover.pdf
Download (44kB)
1191111034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (334kB)
1191111034_Abstrak.pdf
Download (206kB)
1191111034_Kata_Pengantar.pdf
Download (293kB)
1191111034_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1191111034_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1191111034_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1191111034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1191111034_BAB_I.pdf
Download (424kB)
1191111034_BAB_V.pdf
Download (126kB)
1191111034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (90kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEAM terhadap literasi sains siswa pada materi pengukuran panjang baku dan tidak baku kelas II SDN 106162 Medan Estate. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II B sebagai kelas eksperimen dan kelas II A sebagai kelas kontrol SDN 106162 Medan Estate yang masing-masing kelas berjumlah 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,69 dan kelas kontrol sebesar 49,78. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,48 dan kelas kontrol sebesar 71,09 sehingga penerapan pembelajaran berbasis STEAM dapat meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil dengan taraf signifikan yang digunakan
adalah 5% = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 23+23-2 = 44 sebesar nilai thitung > ttabel = 4,644 > 2,0154 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan literasi sains siswa
menggunakan metode pembelajaran berbasis STEAM dengan metode
pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | STEAM; Literasi sains; Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 08:26 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58330 |