Damanik, Maysi Imelda Tiarani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Tema 1 Sub Tema 3 Kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311159_Cover.pdf
Download (69kB)
1193311159_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (7MB)
1193311159_Abstrak.pdf
Download (7MB)
1193311159_Kata_Pengantar.pdf
Download (8MB)
1193311159_Daftar_Isi.pdf
Download (7MB)
1193311159_Daftar_Gambar.pdf
Download (7MB)
1193311159_Daftar_Tabel.pdf
Download (7MB)
1193311159_Daftar_Lampiran.pdf
Download (7MB)
1193311159_BAB_I.pdf
Download (7MB)
1193311159_BAB_V.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan kefektifan penggunaan media pembelajaran articulate storyline pada pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 untuk siswa kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri 091609 Sinaksak yang berjumlah 23 orang siswa. Siswa laki-laki yang berjumlah 14 orang
siswa dan siswa perempuan yang berjumlah 9 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran tematik bagi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes (soal). Uji kelayakan ditujukan kepada dosen FIP PGSD
UNIMED, uji kepraktisan ditujukan kepada guru kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak dan uji keefektifan ditujukan kepada siswa kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan: 1) Media pembelajaran articulate storyline pada tema 1 subtema 3 pembelajaran 3
dinyatakan sangat layak dengan skor yang diberikan validator ahli angket sebesar 96%, validator ahli materi sebesar 93,3%, validator ahli media sebesar 90%, dan validator ahli soal sebesar 96,6%. 2) Penilaian guru kelas VI SD Negeri 091609
Sinaksak dinyatakan sangat praktis diterapkan dengan skor 90%. 3) Hasil pengerjaan pre test dan post test siswa saat uji coba lapangan penggunaan media pembelajaran articulate storyline dinyatakan efektif dengan N-Gain persentase 77%, dan hasil respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran articulate storyline dinyatakan sangat praktis dengan persentase 92%. 4). Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada tema 1 sub tema 3 pembelajaran 3 layak, praktis, dan efektif digunakan pada saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Articulate Storyline; Media Pembelajaran; Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:02 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58327 |