Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Tema 1 Sub Tema 3 Kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak Tahun Ajaran 2023/2024

Damanik, Maysi Imelda Tiarani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Tema 1 Sub Tema 3 Kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311159_Cover.pdf] Text
1193311159_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 1193311159_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311159_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_Abstrak.pdf] Text
1193311159_Abstrak.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311159_Kata_Pengantar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311159_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311159_Daftar_Isi.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311159_Daftar_Gambar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311159_Daftar_Tabel.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311159_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_BAB_I.pdf] Text
1193311159_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311159_BAB_V.pdf] Text
1193311159_BAB_V.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan kefektifan penggunaan media pembelajaran articulate storyline pada pembelajaran tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 untuk siswa kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri 091609 Sinaksak yang berjumlah 23 orang siswa. Siswa laki-laki yang berjumlah 14 orang
siswa dan siswa perempuan yang berjumlah 9 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran tematik bagi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes (soal). Uji kelayakan ditujukan kepada dosen FIP PGSD
UNIMED, uji kepraktisan ditujukan kepada guru kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak dan uji keefektifan ditujukan kepada siswa kelas VI SD Negeri 091609 Sinaksak. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan: 1) Media pembelajaran articulate storyline pada tema 1 subtema 3 pembelajaran 3
dinyatakan sangat layak dengan skor yang diberikan validator ahli angket sebesar 96%, validator ahli materi sebesar 93,3%, validator ahli media sebesar 90%, dan validator ahli soal sebesar 96,6%. 2) Penilaian guru kelas VI SD Negeri 091609
Sinaksak dinyatakan sangat praktis diterapkan dengan skor 90%. 3) Hasil pengerjaan pre test dan post test siswa saat uji coba lapangan penggunaan media pembelajaran articulate storyline dinyatakan efektif dengan N-Gain persentase 77%, dan hasil respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran articulate storyline dinyatakan sangat praktis dengan persentase 92%. 4). Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada tema 1 sub tema 3 pembelajaran 3 layak, praktis, dan efektif digunakan pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Articulate Storyline; Media Pembelajaran; Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:02
Last Modified: 06 Jun 2024 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58327

Actions (login required)

View Item
View Item