Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Media Diorama Digital untuk Siswa Kelas VII SMP

Nisak, Shayidatun (2023) Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Media Diorama Digital untuk Siswa Kelas VII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196192014_Cover.pdf] Text
8196192014_Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8196192014_Abstrak.pdf] Text
8196192014_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8196192014_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196192014_Kata_Pengantar.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 8196192014_Daftar_Isi.pdf] Text
8196192014_Daftar_Isi.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 8196192014_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196192014_Daftar_Tabel.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 8196192014_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196192014_Daftar_Gambar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8196192014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196192014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8196192014_BAB_I.pdf] Text
8196192014_BAB_I.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 8196192014_BAB_V.pdf] Text
8196192014_BAB_V.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 8196192014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196192014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas VII SMP ketika menyajikan/menulis teks deskripsi sesuai dengan konteks lokal dan lingkungan- sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses pengembangan modul teks deskripsi berbasis media diorama digital, (2) kelayakan modul teks deskripsi berbasis media diorama digital, dan (3) keefektifan modul teks deskripsi berbasis media diorama digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borgand Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono, terdiri atas 10 langkah, yaitu penemuan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi produk, uji coba produk, revisi, ujicoba lapangan terbatas, revisi, dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan menghasilkan produk berupa modul teks deskripsi berbasis media diorama digital, (2) modul teks deskripsi berbasis media diorama digital yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 85,34%, dan validasi ahli desain sebesar 98,33%, (3) modul teks deskripsi berbasis media diorama digital untuk siswa kelas VII SMP dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pretes dan postes. Keefektifan modul dianalisis melalui uji gain dengan perolehan nilai rata-rata indeks gain sebesar 0,48 dengan kriteria keefektifan sedang. Dengan demikian, modul teks deskripsi berbasis media diorama digital untuk siswa kelas VII SMP yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410 Nis p
Keywords: bahan ajar, teks deskripsi, media diorama digita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Jun 2024 15:19
Last Modified: 05 Jun 2024 15:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58311

Actions (login required)

View Item
View Item