Rahmah, Siti (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Tari Pendidikan di Prodi Pendidikan Tari FBS UNIMED. Doctoral thesis, UNIMED.
8176124011_Cover.pdf
Download (118kB)
8176124011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (219kB)
8176124011_Abstrak.pdf
Download (113kB)
8176124011_Kata_Pengantar.pdf
Download (540kB)
8176124011_Daftar_Isi.pdf
Download (530kB)
8176124011_Daftar_Tabel.pdf
Download (428kB)
8176124011_Daftar_Gambar.pdf
Download (205kB)
8176124011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (189kB)
8176124011_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8176124011_BAB_V.pdf
Download (317kB)
8176124011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (565kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untul menghasilkan produk model ICOSRIE pada matakuliah Tari Pendidikan yang layak dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tari FBS Unimed. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (R & D). Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk memvalidasi produk penelitian. Hasil pengembangan model pembelajaran tari pendidikan memiliki lima sintaks. Tahapan model pembelajaran terdiri dari: Introduction, Conceptualization, Stimuly-Response, Implementation, Evaluation. Pengembangan model ICOSRIE pada matakuliah tari pendidikan mengadopsi pengembangan instruksional Dick & Carey. Prosedur penelitian pengembangan menggunakan tahapan penelitian Borg & Gall, yakni: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan model, 3) uji validitas model. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku model pembelajaran tari pendidikan, buku ajar, buku panduan dosen, dan buku panduan mahasiswa. Validitas pengembangan model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan diukur menggunakan beberapa instrumen. Instrumen lembar validasi terhadap konstruk sintaks yang digunakan adalah instrumen lembar validasi untuk mengukur kualitas konstruk dan sintaks model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan. Model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli desain, ahli materi, dan ahli media. Hasil uji kepraktisan model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan dinyatakan praktis digunakan oleh pengguna model yakni dosen dan mahasiswa, selanjutnya hasil uji keefektifan model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan sig value pada uji t < 0,05 dibandingkan dengan model pembelajaran yang digunakan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Rah p |
Keywords: | Model Pembelajaran, ICOSRIE, Tari Pendidikan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 10:16 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 10:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58310 |