Pengembangan Model Pembelajaran Tari Pendidikan di Prodi Pendidikan Tari FBS UNIMED

Rahmah, Siti (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Tari Pendidikan di Prodi Pendidikan Tari FBS UNIMED. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8176124011_Cover.pdf] Text
8176124011_Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8176124011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8176124011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 8176124011_Abstrak.pdf] Text
8176124011_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8176124011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8176124011_Kata_Pengantar.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 8176124011_Daftar_Isi.pdf] Text
8176124011_Daftar_Isi.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 8176124011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8176124011_Daftar_Tabel.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 8176124011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8176124011_Daftar_Gambar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8176124011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8176124011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 8176124011_BAB_I.pdf] Text
8176124011_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8176124011_BAB_V.pdf] Text
8176124011_BAB_V.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 8176124011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8176124011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untul menghasilkan produk model ICOSRIE pada matakuliah Tari Pendidikan yang layak dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tari FBS Unimed. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (R & D). Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk memvalidasi produk penelitian. Hasil pengembangan model pembelajaran tari pendidikan memiliki lima sintaks. Tahapan model pembelajaran terdiri dari: Introduction, Conceptualization, Stimuly-Response, Implementation, Evaluation. Pengembangan model ICOSRIE pada matakuliah tari pendidikan mengadopsi pengembangan instruksional Dick & Carey. Prosedur penelitian pengembangan menggunakan tahapan penelitian Borg & Gall, yakni: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan model, 3) uji validitas model. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku model pembelajaran tari pendidikan, buku ajar, buku panduan dosen, dan buku panduan mahasiswa. Validitas pengembangan model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan diukur menggunakan beberapa instrumen. Instrumen lembar validasi terhadap konstruk sintaks yang digunakan adalah instrumen lembar validasi untuk mengukur kualitas konstruk dan sintaks model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan. Model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli desain, ahli materi, dan ahli media. Hasil uji kepraktisan model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan dinyatakan praktis digunakan oleh pengguna model yakni dosen dan mahasiswa, selanjutnya hasil uji keefektifan model ICOSRIE dalam pembelajaran tari pendidikan menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan sig value pada uji t < 0,05 dibandingkan dengan model pembelajaran yang digunakan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.33 Rah p
Keywords: Model Pembelajaran, ICOSRIE, Tari Pendidikan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Jun 2024 10:16
Last Modified: 05 Jun 2024 10:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58310

Actions (login required)

View Item
View Item