Tanjung, Khairun Nisa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 106810 SAMPALI T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1182111007_Cover.pdf
Download (43kB)
1182111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (265kB)
1182111007_Abstrak.pdf
Download (132kB)
1182111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
1182111007_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
1182111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
1182111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1182111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1182111007_BAB_I.pdf
Download (456kB)
1182111007_BAB_V.pdf
Download (125kB)
1182111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (61kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan ke keefektifan media pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind mapping pada pembelajaran Tema 5 subtema 1 komponen Ekosistem Kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Research And Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Kefektifan produk di ukur dari hasil belajar siswa melaui intstrumen pre test dan post test. Hasil kevalidan oleh validator ahli materi sebesar 90% termasuk kategori “sangat layak” dan ahli media sebesar 86% masuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan media buku saku berbasis Mind mapping ditentukan oleh tenaga pendidik kelas V SD Negeri 106810 Sampali. Penilaian oleh pendidik memberikan 92% masuk kategori “sangat layak”. Tingkat kefektifan media buku saku berbasis mind mapping ditentukan oleh hasil pre test dan dan post test. Hasil belajar siswa Pretest dan Post test menggunakan Media Buku Saku Berbasis Mind mapping adanya peningkatan dari 52,64 menjadi 89,28. Hasil uji N-Gain score 0,88 dengan persentasi 88,29% dengan kriteria “sangat efektif” yag berarti media buku saku berbasis mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa Media Buku Saku Berbasis Mind mapping layak digunakan menjadi media pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 106810 Sampali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media, Buku Saku, Mind Mapping dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 06:57 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58303 |