Sagala, Maulida Rahmi (2023) Pengembangan Instrumen Literasi Sains Model PISA pada Materi Optik SMA. Masters thesis, UNIMED.
8196176003_Cover.pdf
Download (39kB)
8196176003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (276kB)
8196176003_Abstrak.pdf
Download (165kB)
8196176003_Kata_Pengantar.pdf
Download (169kB)
8196176003_Daftar_Isi.pdf
Download (94kB)
8196176003_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
8196176003_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
8196176003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (138kB)
8196176003_BAB_I.pdf
Download (339kB)
8196176003_BAB_V.pdf
Download (188kB)
8196176003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (307kB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan intrumen tes literasi sains model PISA siswa SMA pada materi Optik yang memenuhi kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan model Borg and Gall. Hasil analisis data menunjukkan instrumen tes soal memenuhi kriteria valid dan efektif dengan persentasi keidealan rata – rata 88,7%. Analisis 38 butir soal pada uji kelompok kecil diperoleh 30 butir soal diterima dan 8 butir soal ditolak. Uji kelompok besar diperoleh: (1) 28 butir soal valid (93,3%), 2 soal tidak valid (6,7%). (2) reliabilitas soal termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai sebesar 0,802. (3) 12 (40%) soal dalam kategori mudah, 12 (40%) soal kategori sedang dan 6 (20%) soal kategori sukar. (4) Daya pembeda soal didapatkan 12 (40%) soal dalam kategori baik sekali, 14 (46,7%) soal dalam kategori baik, 1 (3,3%) soal dalam kategori cukup, 1 (3,3%) soal dalam kategori jelek dan 2 (6,7%) soal dalam kategori sangat jelek. (5) 28 (93,3%) soal efektif dan 2 (6,7%) soal tidak efektif. Butir soal yang diterima sebanyak 25 (83,3%) soal, 3 (10%) soal direvisi dan 2 (6,7%) soal ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 535.207 2 Sag p |
Keywords: | Instrumen tes literasi sains, PISA, Optik, Borg and Gall |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 09:16 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58296 |