Pengembangan Instrumen Literasi Sains Model PISA pada Materi Optik SMA

Sagala, Maulida Rahmi (2023) Pengembangan Instrumen Literasi Sains Model PISA pada Materi Optik SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196176003_Cover.pdf] Text
8196176003_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 8196176003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196176003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 8196176003_Abstrak.pdf] Text
8196176003_Abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 8196176003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196176003_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8196176003_Daftar_Isi.pdf] Text
8196176003_Daftar_Isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 8196176003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196176003_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 8196176003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196176003_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8196176003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196176003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8196176003_BAB_I.pdf] Text
8196176003_BAB_I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 8196176003_BAB_V.pdf] Text
8196176003_BAB_V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 8196176003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196176003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan intrumen tes literasi sains model PISA siswa SMA pada materi Optik yang memenuhi kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan model Borg and Gall. Hasil analisis data menunjukkan instrumen tes soal memenuhi kriteria valid dan efektif dengan persentasi keidealan rata – rata 88,7%. Analisis 38 butir soal pada uji kelompok kecil diperoleh 30 butir soal diterima dan 8 butir soal ditolak. Uji kelompok besar diperoleh: (1) 28 butir soal valid (93,3%), 2 soal tidak valid (6,7%). (2) reliabilitas soal termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai sebesar 0,802. (3) 12 (40%) soal dalam kategori mudah, 12 (40%) soal kategori sedang dan 6 (20%) soal kategori sukar. (4) Daya pembeda soal didapatkan 12 (40%) soal dalam kategori baik sekali, 14 (46,7%) soal dalam kategori baik, 1 (3,3%) soal dalam kategori cukup, 1 (3,3%) soal dalam kategori jelek dan 2 (6,7%) soal dalam kategori sangat jelek. (5) 28 (93,3%) soal efektif dan 2 (6,7%) soal tidak efektif. Butir soal yang diterima sebanyak 25 (83,3%) soal, 3 (10%) soal direvisi dan 2 (6,7%) soal ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 535.207 2 Sag p
Keywords: Instrumen tes literasi sains, PISA, Optik, Borg and Gall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Jun 2024 09:16
Last Modified: 04 Jun 2024 09:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58296

Actions (login required)

View Item
View Item