AMBARSARI, ZUKHRUF (2023) Representasi Kepribadian dan Konflik Batin Guru dalam Tiga Novel Indonesia Modern Berdasarkan Tinjauan Psikologi Sastra dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Bacaan Pada Mata Kuliah Kritik Sastra Universitas Al-Washliyah UNIVA Medan. Masters thesis, UNIMED.
8196192016_Cover.pdf
Download (48kB)
8196192016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (699kB)
8196192016_Abstrak.pdf
Download (203kB)
8196192016_Kata_Pengantar.pdf
Download (201kB)
8196192016_Daftar_Isi.pdf
Download (113kB)
8196192016_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
8196192016_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
8196192016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (174kB)
8196192016_BAB_I.pdf
Download (361kB)
8196192016_BAB_V.pdf
Download (116kB)
8196192016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (256kB)
Abstract
Penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian guru yang diungkapkan dalam tiga novel Indonesia modern berdasarkan psikologi sastra yaitu 1) Tokoh guru dalam novel Guru Aini memiliki kepribadian berkomitmen yang tinggi, semangat bekerja, tulus dalam bekerja, dan memiliki ambisi yang tinggi, penyabar dam teguh pada pendirian. 2) Tokoh guru dalam novel Kembara Rindu memiliki kepribadian amanah, penyayang, pantang menyerah, setia, tekun, jujur, kerja keras, memiliki kontrol diri, berani dan dermawan. 3) Tokoh guru dalam novel Si Anak Spesial memiliki kepribadian sabar, bertanggung jawab, rendah hati, jujur, rela berkorban dan peduli. Konflik batin guru dalam tiga novel Indonesia modern berdasarkan tinjauan psikologi sastra yaitu 1) Novel Guru Aini memiliki konflik batin mendekat-menjauh dan menjauh-menjauh berdasarkan teori Kurt Lewin. 2) Novel Kembara Rindu memiliki konflik batin mendekat-mendekat berdasarkan teori Kurt Lewin. 3) Novel Si Anak Spesial memiliki konflik batin mendekat-menjauh dan menjauh-menjauh berdasarkan teori Kurt Lewin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 899.221 Amb r |
Keywords: | Kepribadian, Konflik Batin, Psikologi Sastra, Bahan Bacaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:14 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58293 |