Analisis Kemampuan Berpikir Pola Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Software Geogebra

Lumban Gaol, Yulinar (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Pola Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Software Geogebra. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196171004_Cover.pdf] Text
8196171004_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 8196171004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196171004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of 8196171004_Abstrak.pdf] Text
8196171004_Abstrak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 8196171004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196171004_Kata_Pengantar.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 8196171004_Daftar_Isi.pdf] Text
8196171004_Daftar_Isi.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 8196171004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196171004_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8196171004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196171004_Daftar_Gambar.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 8196171004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196171004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8196171004_BAB_I.pdf] Text
8196171004_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196171004_BAB_V.pdf] Text
8196171004_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196171004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196171004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kemampuan berpikir pola matematika siswa melalui model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra, (2) Proses lembar jawaban siswa dalam penyelesaian masalah berpikir pola melalui model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra, (3) Kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang menuntut kemampuan berpikir pola dalam pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir pola matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan software geogebra berada pada tingkat sedang. Dari 19 siswa sebanyak 4 siswa tingkat kemampuan berpikir pola matematisnya ‘tinggi’, 12 siswa tingkat kemampuan berpikir pola matematisnya ‘sedang’, dan 3 siswa tingkat kemampuan berpikir pola matematisnya ‘rendah’. (2) Proses lembar jawaban siswa dalam penyelesaian masalah berpikir pola melalui model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra ditemukan kesalahan yang lebih sering muncul adalah kesalahan dalam membedakan konsep antara barisan dan deret aritmatika, (3) Kesulitan kemampuan berpikir pola dalam pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra diantaranya kesulitan dalam mengeksplorasi dan mengidentifikasi, memperluas dan mereproduksi, membandingkan, merepresentasikan dan mendeskripsikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 519.4 Lum a
Keywords: Kemampuan Berpikir Pola Matematis, Problem Based Learning, Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:05
Last Modified: 04 Jun 2024 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58292

Actions (login required)

View Item
View Item