Lumban Gaol, Yulinar (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Pola Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Software Geogebra. Masters thesis, UNIMED.
8196171004_Cover.pdf
Download (51kB)
8196171004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (859kB)
8196171004_Abstrak.pdf
Download (171kB)
8196171004_Kata_Pengantar.pdf
Download (322kB)
8196171004_Daftar_Isi.pdf
Download (230kB)
8196171004_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
8196171004_Daftar_Gambar.pdf
Download (198kB)
8196171004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
8196171004_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8196171004_BAB_V.pdf
Download (1MB)
8196171004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kemampuan berpikir pola matematika siswa melalui model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra, (2) Proses lembar jawaban siswa dalam penyelesaian masalah berpikir pola melalui model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra, (3) Kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang menuntut kemampuan berpikir pola dalam pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir pola matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan software geogebra berada pada tingkat sedang. Dari 19 siswa sebanyak 4 siswa tingkat kemampuan berpikir pola matematisnya ‘tinggi’, 12 siswa tingkat kemampuan berpikir pola matematisnya ‘sedang’, dan 3 siswa tingkat kemampuan berpikir pola matematisnya ‘rendah’. (2) Proses lembar jawaban siswa dalam penyelesaian masalah berpikir pola melalui model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra ditemukan kesalahan yang lebih sering muncul adalah kesalahan dalam membedakan konsep antara barisan dan deret aritmatika, (3) Kesulitan kemampuan berpikir pola dalam pembelajaran problem based learning dengan menggunakan software geogebra diantaranya kesulitan dalam mengeksplorasi dan mengidentifikasi, memperluas dan mereproduksi, membandingkan, merepresentasikan dan mendeskripsikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.4 Lum a |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Pola Matematis, Problem Based Learning, Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:05 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58292 |