Ambarita, Pretti Tm (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146175027 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 8146175027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM 8146175027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM 8146175027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM 8146175027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 8146175027 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 8146175027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8146175027 PRODUCT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8146175027 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM 8146175027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 8146175027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
15. NIM 8146175027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah dan menganalisis apakah perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada uji terbatas dengan memakai satu kelas dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Analysis Design Development Implementation and Evaluation (ADDIE). Metode ADDIE ini digunakan sebagai metode untuk mendesain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah. Tiga tahapan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS seperti pada tim ahli, kelompok kecil, dan uji lapangan. Penilaian tim ahli didasarkan pada aspek format, isi, dan bahasa. Pada kelompok kecil dan uji lapangan berdasarkan respon siswa. Khusus pada penilaian perangkat pembelajaran RPP respon siswa berisi penilaian siswa terhadap kemampuan guru mengajar. Penilaian perangkat pembelajaran LKS berdasarkan aspek format, isi, dan bahasa. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretes dan postes dianalisis dengan uji n-gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang divalidasi oleh tim ahli pada aspek format, isi, dan bahasa. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS pada kelompok kecil dan uji lapangan dengan kategori baik. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan I hingga ke pertemuan III dari kategori rendah ke sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Amb p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Perangkat pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:00 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5829 |