Suryani (2023) Peran Keluarga dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi, Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SDS Amir Hamzah T.A 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.
8196182004_Cover.pdf
Download (82kB)
8196182004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (340kB)
8196182004_Abstrak.pdf
Download (86kB)
8196182004_Kata_Pengantar.pdf
Download (196kB)
8196182004_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
8196182004_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
8196182004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (42kB)
8196182004_BAB_I.pdf
Download (424kB)
8196182004_BAB_V.pdf
Download (159kB)
8196182004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (464kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi prestasi dan minta belajar selama daring, kurangnya dukungan dan motivasi yang diberikan orang tua selama pembelajaran daring membuat siswa jenuh dan bosan ketika menyelesaian tugas yang diberikan guru. Keluarga memiliki perbedaan dalam memandang pendidikan berdasarkan prinsip yang dianut. Peran orang tua selain membesarkan juga mendidik dan mendampingi anak dalam hal apapun, salah satunya yaitu dalam pembelajaran daring, pada pembelajaran daring orang tua berperan sebagai guru, fasilitator, motivator, dan director. Tujuan dalam penelitian ini mengungakap kondisi belajar dan minat anak, peran keluarga sebagai fasilitator, motivator, dan pengarah selama belajar dari rumah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu analisis deskriptif yang mana penelitian ini menggunakan penelitian yang penuh dengan teori dan analisa para ahli. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara, observasi, dan dokumen menggunakan bukti foto. Tahap analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi data, subjek penelitian ini terdapat 8 informan, 6 informan utama dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi prestasi belajar dipengaruhi oleh minat belajar anak, dan peran orang tua berdasarkan prinsip yang dianut masing-masing keluarga, orang tua belum sepenuhnya berperan langsung dalam membimbing anak pada pembelajaran daring, selama daring penilaian prestasi belajar dilakukan oleh guru dan orang tua saling bekerjasama untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan prestasi belajar pada siswa, dan berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, tidak sesuai dengan kemampuan yang seharusnya, dimana prestasi belajar anak bergantung pada peran orang tua di dalamnya, maka peran orang tuanya yang memiliki perbedaan etnis sangat berpengaruh kepada minat dan prestasi belajar anak dalam menentukan keberhasilan belajar anak pada pembelajaran yang dilakukan secara daring.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sur p |
Keywords: | Peran Keluarga, Daring, Motivasi, Prestasi Belajar, Minat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 May 2024 09:42 |
Last Modified: | 31 May 2024 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58275 |