Peran Keluarga dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi, Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SDS Amir Hamzah T.A 2022/2023

Suryani (2023) Peran Keluarga dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi, Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SDS Amir Hamzah T.A 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182004_Cover.pdf] Text
8196182004_Cover.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 8196182004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 8196182004_Abstrak.pdf] Text
8196182004_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8196182004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182004_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 8196182004_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182004_Daftar_Isi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8196182004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182004_Daftar_Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 8196182004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 8196182004_BAB_I.pdf] Text
8196182004_BAB_I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 8196182004_BAB_V.pdf] Text
8196182004_BAB_V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 8196182004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196182004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi prestasi dan minta belajar selama daring, kurangnya dukungan dan motivasi yang diberikan orang tua selama pembelajaran daring membuat siswa jenuh dan bosan ketika menyelesaian tugas yang diberikan guru. Keluarga memiliki perbedaan dalam memandang pendidikan berdasarkan prinsip yang dianut. Peran orang tua selain membesarkan juga mendidik dan mendampingi anak dalam hal apapun, salah satunya yaitu dalam pembelajaran daring, pada pembelajaran daring orang tua berperan sebagai guru, fasilitator, motivator, dan director. Tujuan dalam penelitian ini mengungakap kondisi belajar dan minat anak, peran keluarga sebagai fasilitator, motivator, dan pengarah selama belajar dari rumah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu analisis deskriptif yang mana penelitian ini menggunakan penelitian yang penuh dengan teori dan analisa para ahli. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara, observasi, dan dokumen menggunakan bukti foto. Tahap analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi data, subjek penelitian ini terdapat 8 informan, 6 informan utama dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi prestasi belajar dipengaruhi oleh minat belajar anak, dan peran orang tua berdasarkan prinsip yang dianut masing-masing keluarga, orang tua belum sepenuhnya berperan langsung dalam membimbing anak pada pembelajaran daring, selama daring penilaian prestasi belajar dilakukan oleh guru dan orang tua saling bekerjasama untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan prestasi belajar pada siswa, dan berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, tidak sesuai dengan kemampuan yang seharusnya, dimana prestasi belajar anak bergantung pada peran orang tua di dalamnya, maka peran orang tuanya yang memiliki perbedaan etnis sangat berpengaruh kepada minat dan prestasi belajar anak dalam menentukan keberhasilan belajar anak pada pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Sur p
Keywords: Peran Keluarga, Daring, Motivasi, Prestasi Belajar, Minat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 May 2024 09:42
Last Modified: 31 May 2024 09:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58275

Actions (login required)

View Item
View Item